Setelah Menunggu 262 Hari, Melbourne Akhirnya Cabut Lockdown, Pemkot Buka-bukaan Alasannya

Setelah Menunggu 262 Hari, Melbourne Akhirnya Cabut Lockdown, Pemkot Buka-bukaan Alasannya Kredit Foto: Reuters

Kota Melbourne, kota yang melakukan lockdown terlama di dunia, akan mencabut peraturan lockdown dan jam malam terhitung mulai 22 Oktober mendatang. Melbourne menjalani lockdown selama 262 hari atau hampir sembilan bulan sejak Maret 2020.

Lockdown di Melbourne melebihi lockdown di Buenos aires selama 234 hari. Berdasarkan keterangan Perdana Menteri negara bagian Victoria, Daniel Andrews, pencabutan dilakukan karena tingkat vaksinasi di negara bagian Victoria akan mencapai 70 persen pada pekan ini,

Baca Juga: Australia Memanas, Aksi Demo Anti-lockdown di Melbourne Berlanjut, 2.000 Orang Turun ke Jalan

Pemerintah negara bagian Victoria akan mengizinkan pembukaan kembali sektor  perhotelan dan beberapa bisnis dengan kapasitas yang tetap dibatas.

Sementara itu, pembukaan kembali pertokoan akan dilakukan ketika tingkat vaksinasi warga Victoria mencapai 80 persen. Victoria diperkirakan bisa mencapai tingkat vaksinasi 80 persen paling lambat pada 5 November mendatang.

Negara bagian Victoria mencatat 1.838 kasus baru dan tujuh kematian akibat COVID-19. Australia pernah menjadi negara teratas dalam menerapkan strategi nol kasus COVID-19. Namun kasus COVID-19 di negara tersebut kembali meningkat seiring dengan menyebarnya varian delta yang penularannya lebih cepat.

Meskipun ada peningkatan kasus dalam beberapa bulan terakhir, jumlah kasus COVID-19 di Australia lebih rendah dibandingkan dengan banyak negara maju lainnya. Australia mencatat lebih dari 143 ribu kasus dan lebih dari 1.500 kematian. 

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini