Jabar Terapkan Sport Science untuk Tingkatkan Prestasi

Jabar Terapkan Sport Science untuk Tingkatkan Prestasi Kredit Foto: Biro Adpim Setda Pemprov Jabar

Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menerapkan sport science untuk meningkatkan prestasi di bidang olahraga. Hal itu dikatakan Gubernur Jabar dalam jumpa pers di Jayapura, Jumat (15/10/2021). 

"Dalam empat tahun terakhir ini, Jawa Barat sedang bereksperimen (menerapkan) sport science. Sport science itu adalah mengombinasikan ilmu-ilmu pertumbuhan fisik dengan prestasi," kata Kang Emil sapaan Ridwan Kamil.

Baca Juga: Ma’ruf Amin Resmi Tutup PON XX Papua 2021

Menurut Kang Emil, sport science menjadi salah satu unsur dalam menyiapkan atlet-atlet Jabar yang memiliki kapasitas dan kapabilitas. Ia juga menggambarkan bagaimana penerapan sport science. 

"Misalnya kalau dilatih di oksigen tipis, dia akan banyak menghasilkan sel darah merahnya, yang berkaitan nantinya dengan ketahanan fisik," ucapnya.

"Di Jabar, ada Universitas Pendidikan Indonesia yang memiliki fakultas olahraga. Di situ, salah satunya, ada fasilitas tentang ilmu olahraga, termasuk ilmu tentang sport science," imbuhnya.

Dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, Jabar meraih gelar juara umum dengan rangkuman 133 emas, 105 perak, dan 118 perunggu. Kontingen PON Jabar Papua XX pun mencetak sejumlah sejarah. Salah satunya, meraih gelar juara umum dua kali berturut-turut pada 2016 dan 2021. 

Selain itu, Tim Polo Air Putra Jabar akhirnya meraih medali emas untuk kali pertama dalam 50 tahun terakhir. Pada laga final, Tim Polo Air Putra Jabar berhasil mengalahkan DKI Jakarta dengan skor 8-5.

Kang Emil menuturkan, resep kemenangan Jabar dalam PON XX Papua 2021, salah satunya, adalah pembinaan yang konsisten. 

Baca Juga: Jabar Juara PON, Ulang Sejarah 70 Tahun Lalu, Ridwan Kamil Optimistis Juara Lagi di PON Berikutnya

"Resep Jawa Barat itu hanya satu, yaitu pembinaan yang konsisten. Seperti pohon, kita cari bibit-bibit unggulnya dulu, lalu setelah bibitnya terpilih dari berbagai event, lalu kita terus bina melalui sekolah pusat pendidikan olahraga sambil mereka sekolah formal," tuturnya. 

Kang Emil mengucapkan terima kasih kepada para semua pihak yang sudah mengharumkan nama Jabar di pentas olahraga nasional. Mulai dari para atlet, pelatih, ofisial, KONI Jabar, sampai KONI Kabupaten/Kota. 

"Beli tomat ke Ujung Pandang, Jawa Barat bukan jago kandang," ucap Kang Emil.

Kang Emil pun mengucapkan terima kasih kepada Papua sebagai tuan rumah.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini