Jabatan Anies Baswedan Tinggal Setahun, Wagub dan Haji Lulung Kompak Bilang...

Jabatan Anies Baswedan Tinggal Setahun, Wagub dan Haji Lulung Kompak Bilang... Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan

Masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta tinggal setahun lagi. Ibarat kendaraan, Anies injak gigi tiga untuk menuntaskan janji-janji kampanye di sisa waktu yang ada.

Satu-persatu, program andalan Anies dituntaskan di tahun keempat dirinya memimpin Ibu Kota. Ada yang sudah rampung, ada juga yang baru dikerjakan atau masih dalam proses.

Terbaru, Anies kembali memulai pembangunan Kampung Susun baru di wilayah Taman Sari, Jakarta Barat. Yakni Kampung Kunir, tempat bermukim 33 kepala keluarga (KK) yang pernah digusur Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Sebelum di Taman Sari, Anies telah lebih dulu membangun dua tower Kampung Susun Akuarium di daerah Penjaringan, Jakarta Utara. Sama seperti Taman Sari, warga yang kini menempati Kampung Susun Akuarium sebelumnya merupakan korban penggusuran di era Ahok.

Baca Juga: Pendukung Islam Bakal Tinggalkan Prabowo di Pilpres 2024, Berpaling ke Anies Baswedan

Saat terpilih sebagai Gubernur DKI tahun 2017, Anies pernah berjanji membangun tempat tinggal sementara atau shelter untuk warga yang digusur Ahok itu. Janji itu sudah diwujudkan, dan sekitar 33 shelter sudah berdiri.

Kemarin, ia kembali menyambangi lokasi tersebut dan secara resmi memulai pembangunan tempat tinggal yang lebih layak dan permanen, sebagaimana telah ia bangun di Kampung Akuarium.

“Alhamdulillah hari ini tanggal 14 Oktober, Insya Allah bapak ibu sekalian akan bisa segera tinggal di rumah yang layak di tempat ini,” ucap Anies, disambut tepuk tangan meriah warga.

Kamis pekan lalu, Anies juga baru mencanangkan pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung di Lahan HPL 04 Jatinegara, Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur.

 

Selain kampung susun, program andalan Anies yang sempat dijanjikannya saat kampanye lalu, yakni stadion untuk tim sepak bila Persija Jakarta. Program itu juga sudah diwujudkan Anies. Akhir tahun ini, Jakarta International Stadium (JIS) di daerah Kemayoran, Jakarta Utara itu, bakal segera diresmikan.

Kado lainnya yang tak lama lagi bisa di-unboxing oleh warga DKI adalah Taman Ismail Marzuki (TIM). Hingga kemarin, progres pembangunan revitalisasi TIM sudah mencapai 98,99 persen.

Ada beberapa fasilitas yang dibangun kembali dalam revitalisasi itu, yakni; Teater Arena, Museum, Gedung Graha Bakti Budaya, Perpustakaan, Area Kuliner, Masjid Amir Hamzah, serta sebagian tempat wisata tempat wisata edukasi Planetarium.

Penataan trotoar di lima wilayah Kota Administrasi Jakarta juga terus dikebut pengerjaannya. Tidak cuma di sekitar Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman. Seluruh trotoar tersebut juga ditargetkan selesai akhir tahun ini. Sehingga, Jakarta diharapkan kian ramah bagi pejalan kaki.

Baca Juga: Suara Azan di Wilayah Anies Disorot Media Asing, MUI Geram: Di Belakangnya Orang Komunistik

Selain berbagai proyek infrastruktur, Anies juga melakukan terobosan dalam beberapa program lain yang berhubungan langsung ke masyarakat. Di tahun kedua kepemimpinannya, eks Rektor Universitas Paramadina ini menghadirkan kesejahteraan untuk warga Jakarta melalui lima jenis Kartu Kesejahteraan.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini