Melimpahnya Teknologi Angkatan Laut Israel Mungkin Bisa Kocar-kacirkan Armada Iran

Melimpahnya Teknologi Angkatan Laut Israel Mungkin Bisa Kocar-kacirkan Armada Iran Kredit Foto: Reuters

Angkatan Laut Israel, dalam beberapa tahun terakhir, telah menerima sebagian besar anggaran pertahanan Israel. Ini memungkinkannya untuk memperoleh korvet Saar 6 baru buatan Jerman dan kapal selam canggih Dolphin 2, juga dibuat di Jerman.

Sementara paket senjata di kapal selam diklasifikasikan, beberapa detail sistem yang sekarang dipasang pada korvet Saar 6 telah dirilis. Korvet akan membawa sistem pertahanan udara gabungan, terdiri dari Barak-8 dan C-Dome, versi angkatan laut dari sistem Iron Dome.

Baca Juga: Peringatan Iran Jangan Dibiarkan! Israel Bisa Pelan-pelan Perhitungkan Kerugian

“Dalam beberapa skenario, kedua pencegat akan diluncurkan,” kata sumber militer Israel, dilansir Jerusalem Post, Jumat (15/10/2021).

Korvet Saar 6 terutama dibangun untuk melindungi ZEE Israel yang mencakup reservoir gas besar di Mediterania, yang dinilai sangat tinggi di bank target Hizbullah di Lebanon. Namun perkembangan terakhir di Laut Merah dan Teluk, termasuk serangan terkait Iran pada bulan Juli terhadap kapal kargo, dapat membawa korvet yang sangat canggih ini ke arena maritim ini.

Barak 8, yang diproduksi oleh Israel Aerospace Industries (IAI), dirancang untuk digunakan melawan pesawat, helikopter, pesawat tak berawak, dan rudal sea-skimming. Muncul dengan radar multi-misi array bertahap kelas atas, tautan data dua arah, dan sistem komando dan kontrol yang fleksibel.

Perusahaan membanggakan "interkonektivitas" di antara kapal yang dilengkapi dengan sistem. Saat ini, Barak-8 memiliki jangkauan efektif 43 mil, tetapi IAI sedang mengembangkan versi jarak jauh yang diharapkan dapat memberikan jangkauan rudal 93 mil.

Sebuah sumber mengatakan bahwa instalasi Saar 6 yang khas mencakup empat peluncur vertikal, masing-masing membawa delapan rudal.

Sistem pertahanan Angkatan Laut C-Dome dibuat oleh Rafael, dan seperti nenek moyangnya yang berbasis darat, difokuskan pada serangan saturasi dengan waktu reaksi yang sangat singkat. Ini termasuk rakitan peluncur multi-putaran yang dimuat dengan pencegat tabung yang diluncurkan secara vertikal. Peluncur dipasang di bawah dek kapal.

C-Dome menggunakan radar pengawasan kapal sendiri dan tidak memerlukan radar pengendali tembakan khusus. Perusahaan mengatakan bahwa pencegat bebas perawatan, dan disimpan dalam tabung tahan laut. Hingga delapan pencegat dapat dimuat ke Unit Peluncur Vertikal modular.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini