Yuk Kenali Ciri dan Cara Mencegah Pandemic Fatigue!

Yuk Kenali Ciri dan Cara Mencegah Pandemic Fatigue! Kredit Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Pandemi Covid-19 berkepanjangan dan ada beragam anjuran serta aturan yang harus dijalankan. Akibat kondisi tersebut, masyarakat pun merasa jenuh dan kelelahan. Hal itu dikenal dengan istilah kelelahan pandemi (pandemic fatigue). Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud pandemic fatigue?

Menurut WHO, pandemic fatigue adalah kondisi masyarakat yang merasa jenuh, lelah, dan kehilangan motivasi untuk mengikuti anjuran protokol kesehatan guna melindungi diri dan orang lain dari virus Covid-19. Namun tenang saja, mengalami pandemic fatigue adalah hal yang wajar karena memang kondisi pandemi yang dihadapi tidak kunjung membaik dalam waktu lama. Baca Juga: Separuh Sasaran Vaksinasi Covid-19 Nasional Telah Dapatkan Suntikan Dosis Pertama

"Mengalami pandemic fatigue ini wajar terjadi karena rasanya kondisi yang kita hadapi tidak kunjung membaik dalam waktu lama. Kita jenuh untuk menerapkan gaya hidup baru yang disesuaikan dengan protokol kesehatan, padahal kita sadar itu juga demi kepentingan kita sendiri," jelas Satgas Penanganan Covid-19 dilansir pada Jumat, 15 Oktober 2021.  Baca Juga: Indonesia Kedatangan Vaksin Pfizer, Pemerintah Langsung Didistribusikan ke Delapan Provinsi

Melansir dari Kompas, Psikolog Klinis Ratih Ibrahim, mengungkapkan bahwa ada beberapa ciri atau gejala yang menunjukkan seseorang mengalami pandemic fatigue. Ciri tersebut di antaranya sering merasa uring-uringan dan lebih mudah tersinggung. Ciri berikutnya, seseorang merasa stres terhadap pekerjaan dan merasa jenuh berkepanjangan. Tak hanya itu, ciri pandemic fatigue juga bisa berupa kondisi badan yang tetap lelah saat bangun meski seseorang sudah banyak tidur.

"Merasa lelah akibat pandemi adalah wajar karena ini barang baru, kita tidak biasa, kita harus menyesuaikan diri. Sementara, ini (pandemi) kok tidak selesai-selesai?," ungkap Ratih.

Lantas, bagaimana cara mencegah pandemic fatigue? Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan berdasarkan rekomendasi Satgas Covid-19.

> Refleksi diri dan belajar menerima keadaan. Pahami pentingnya menyesuaikan antara ekspektasi dan kenyataan.

> Tetap aktif secara fisik sesuai dengan kemampuan diri. Meditasi dan olahraga bisa jadi pilihan.

> Aktif mempelajari hal baru dan lakukan tanpa perlu memaksakan kemampuan diri.

> Ambil jeda dan agendakan waktu untuk beristirahat di tengah kesibukan. Istirahat yang cukup dapat mengembalikan energi tubuh.

> Buat batasan personal dengan orang di sekitar serta struktur kegiatan dalam keseharian.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini