Pasang Kuda-Kuda, IDF dan Angkatan Laut Amerika Siapkan Upaya Baru untuk Iran

Pasang Kuda-Kuda, IDF dan Angkatan Laut Amerika Siapkan Upaya Baru untuk Iran Kredit Foto: AP Photo

Kunjungan minggu lalu ke Israel oleh Wakil Laksamana Brad Cooper, komandan Armada Kelima AS, termasuk membahas rincian baru kerja sama operasional antara angkatan laut AS dan Israel yang beroperasi di wilayah tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Cooper bertemu dengan Menteri Pertahanan Benny Gantz, Kepala Staf IDF Letjen. Aviv Kohavi, Komandan Angkatan Laut Israel Wakil Laksamana David Saar Salama, dan perwira tinggi Angkatan Laut Israel lainnya.

Baca Juga: Peringatan Iran Jangan Dibiarkan! Israel Bisa Pelan-pelan Perhitungkan Kerugian

Fokus pertemuan itu, kata sumber-sumber militer, adalah upaya koordinasi seputar ancaman yang berkembang terutama yang ditimbulkan oleh Iran di Teluk dan Laut Merah. Kedua angkatan laut itu, sumber tersebut menambahkan, sekarang memiliki rencana untuk tindakan bersama melawan ancaman Iran —termasuk bagaimana melawan penggunaan kapal serang cepat berawak dan tak berawak Iran— tetapi tidak akan merinci lebih lanjut.

Satu sumber Israel mengatakan bahwa pertemuan itu akan menghasilkan "saluran terbuka" langsung antara pasukan angkatan laut AS dan Israel dengan cara yang memungkinkan operasi gabungan.

“Koordinasi ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari karena hal-hal terjadi setiap saat,” kata Ret. Mayor Jenderal Amos Gilead, yang menjabat di banyak posisi tinggi di pasukan pertahanan Israel (IDF), termasuk kepala Divisi Riset Intelijen Militer, dikutip laman Breaking Defense, Jumat (15/10/2021).

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari pengalihan tanggung jawab Israel secara keseluruhan dari Komando Eropa AS (EUCOM) ke Komando Pusat AS (CENTCOM). Menurut Belakang. Laksamana Daniel Hagari, kepala Operasi Angkatan Laut di Angkatan Laut Israel, pindah ke CENTCOM “memiliki pengaruh besar atas aktivitas Angkatan Laut Israel dan memperluas cakupan tanggung jawab kami dalam domain maritim.”

Bertepatan dengan kunjungan Cooper, USS O'Kane berlabuh di pelabuhan Haifa sebagai bagian dari kerja sama bilateral baru antara Angkatan Laut Israel dan Armada Kelima.

Laksamana Muda Daniel Hagari, kepala Operasi Angkatan Laut Israel, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa perpindahan ke CENTCOM “memiliki pengaruh besar atas aktivitas Angkatan Laut Israel dan memperluas cakupan tanggung jawab kami dalam domain maritim.”

Seorang juru bicara Angkatan Laut AS menolak untuk mengomentari secara spesifik pertemuan di luar pernyataan publik yang dirilis sebelumnya.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini