Selebgram David Arrie Cantona Perluas Lahan Perkebunan Bersama Alumni Mahasiswa Udinus

Selebgram David Arrie Cantona Perluas Lahan Perkebunan Bersama Alumni Mahasiswa Udinus Kredit Foto: Istimewa

Bisnis perkebunan dan pertanian yang ditekuni oleh selebgram asal Kota Semarang, David Arrie Cantona, kini semakin berkembang. Belum lama ini ia mengabarkan perluasan lahan untuk tomat, timun dan cabai di Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.

Oleh para petani di sana, David Arrie Cantona disambut dengan baik dan dipercaya untuk mengelola lahan dan membantu pemasaran. Ia mengatakan jika para petani sangat resah dengan hasil penjualan di masa pandemi yang sangat menurun.

"Petani-petani di sana itu meresahkan pemasarannya juga. Petani ini sebenarnya pemilik ladang tapi terpaksa harus jual murah sehingga merugikan mereka," katanya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (14/10/2021). 

Baca Juga: Perluasan Akses Pasar Hasil Pertanian Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Di luar itu, David sendiri telah mendapatkan permintaan tomat kendedes dari sejumlah restoran dan perusahaan. Sehingga membuatnya semakin yakin untuk memperlebar lahan perkebunan.

"Kita juga kerjasama dengan perusahaan yang request tomat kendedes, salah satu varian tomat buah. Beberapa resto juga minta tomat ken dedes. Jadi nanti tomat yang panen diambil semua sama resto jadi kita mitraan gitu. Ini sudah jalan oktober sudah siap tanam," jelasnya.

Tak hanya perluasan lahan, David juga memperoleh komoditas baru untuk dipasarkan, yakni ubi madu dan jagung. David merasa tergerak hatinya untuk membantu memasarkan ubi madu karena mendengar pernyataan dari para petani jika 1 kg ubi madu mereka dihargai sangat murah bahkan jauh di bawah harga pasaran.

Sehingga David memutuskan untuk memasarkan ubi madu selain mentahan juga berupa olahan pangan. Nantinya, para petani akan mendapatkan keuntungan 20 kali lipat untuk 1 kilonya.

Sementara untuk jagung, sebelumnya David sudah mendapat permintaan dari mitra perusahaan. Perusahaan tersebut memercayakan David untuk mengelola mulai dari pembibitan hingga panen.

"Untuk jagung ada permintaan dari perusahaan, mereka kasih benih dan pupuk. David ini menyediakan lahan untuk ditumbuhkan jagung yang nantinya mereka kirim ke Arab Saudi Cantona Farming menanamkan request dari mitra, kalau udah tumbuh semua nanti diambil perusahaan tersebut," papar David.

Baca Juga: Holding Perkebunan Nusantara Dukung Swasembada Gula Lewat Program Makmur

Selain perusahaan, David Arrie Cantona juga sudah bekerjasama dengan komunitas di area Kota Semarang. Di samping itu, David juga membantu para petani yang kesulitan mendistribusikan jagung-jagungnya.

Untuk mengelola perkebunan di Kabupaten Kendal, David meminta bantuan para petani setempat untuk sekadar merawat menyiram dan mengecek lahan. David juga dibantu oleh partnernya, Adit alumni mahasiswa Universitas Udinus, yang berdomisili di wilayah tersebut untuk mengelola lahan di perkebunan di sana.

"Kita juga bantu para petani yang sudah mulai tumbang, setidaknya mereka enggak terlalu berat kerjanya. Paling minta tolong merawat siram dan cek lahan, jadi kerjanya ringan. Di sana David ada partner yang membantu untuk mengelola di daerah Kendal, Adit," tutup David Arrie Cantona.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini