KONI Pusat Minta Arena Olahraga Dirawat Usai PON Papua

KONI Pusat Minta Arena Olahraga Dirawat Usai PON Papua Kredit Foto: Heru Haryanto

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman meminta pemerintah daerah merawat arena-arena olahraga yang telah digunakan sebagai lokasi pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Marciano mengingatkan hal tersebut agar kejadian terbengkalai sejumlah venue di beberapa provinsi pasca PON tidak terjadi di Papua.

"Menyangkut venue saya tegaskan agar tidak terulang kasus-kasus PON sebelumnya yg pernah dilakukan di Indonesia. Venue harus dijaga pasca PON, jangan sampai venue Internasional ini terbengkalai," kata Marciano Norman di Kota Jayapura, kemarin.

KONI Pusat juga kata Marciano sedang menjalani komunikasi dengan seluruh induk kepengurusan cabang olahraga agar menggelar even di tanah Papua.

"Saya sarankan juga kepada Menpora untuk venue-venue di Papua bisa dijadikan pemusatan latihan bagi atlet-atlet Papua, termasuk pelatnas dari timur Indonesia, Papua," ujarnya.

"Venue bagus-bagus ini harus betul-betul melahirkan atlet-atlet Olimpiade dan kalau ada atlet-atlet peraih emas di PON ini bisa masuk jadi bagian timnas Indonesia," tuturnya.

Kata Marciano, olahraga jika dikelola dengan baik termasuk venuenya bukan hanya memajukan prestasi tetapi sebagai industry dan sport tourisme.

‘’KONI akan mengawal venue untuk dipergunakan seterusnya, dan saya ingatkan semua pihak, setelah PON selesai bagaimana kelanjutan venue-venue untuk mendorong prestasi terbaik," pungkasnya.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini