Orang Taiwan Curhat Rasanya Menjadi Penduduk yang Hidup di Tempat Paling Berbahaya di Bumi

Orang Taiwan Curhat Rasanya Menjadi Penduduk yang Hidup di Tempat Paling Berbahaya di Bumi Kredit Foto: Reuters/Ann Wang

Taiwan mendapat sorotan awal tahun ini ketika The Economist menyebut pulau itu sebagai "tempat paling berbahaya di bumi." Banyak penduduk Taiwan memutar mata mereka pada karakterisasi itu, tetapi itu mengejutkan pembaca yang terbiasa mendengar Taiwan disebut sebagai "titik nyala" dan tempat "yang paling mungkin memicu perang antara Amerika Serikat dan China."

Gagasan bahwa Taiwan berada di ambang konflik militer dengan Republik Rakyat China (RRC) tersebar luas. Pada bulan Maret, Laksamana Phil Davidson, komandan keluar pasukan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM), mengatakan kepada Komite Hubungan Luar Negeri Senat bahwa RRC kemungkinan akan menyerang Taiwan dalam waktu enam tahun.

Baca Juga: Bagaimana Amerika Melindungi Taiwan Tanpa Berperang dengan China?

Alasan kondisi berbahaya Taiwan biasanya disebabkan oleh dua faktor. Pertama, tekad pemerintah RRC untuk menyatukan—atau mencaplok, jika Anda mau—Taiwan dan menggabungkannya ke RRC, dan kedua, keengganan rakyat Taiwan untuk bersatu—atau dianeksasi.

Sebuah survei baru-baru ini, melansir Brookings.edu, Kamis (14/10/2021) menunjukkan bahwa orang Amerika jelas khawatir tentang ancaman terhadap Taiwan. Namun diskusi strategis tentang potensi konflik mengabaikan suara-suara penting dalam masalah ini: apakah orang-orang di Taiwan berbagi kekhawatiran tentang konflik militer yang akan segera terjadi?

Banyak pejabat AS cenderung berpikir bahwa penduduk Taiwan terlalu acuh tak acuh terhadap ancaman yang mengancam ini. Kebijaksanaan umum sering memiliki dua penjelasan yang terhubung.

Yang pertama adalah bahwa setelah 70 tahun, ancaman militer begitu rutin sehingga kebanyakan orang Taiwan tidak lagi memperhatikan atau bereaksi terhadapnya. Penjelasan kedua adalah bahwa orang Taiwan percaya serangan itu tidak rasional, dan dengan demikian tidak mungkin.

Tapi selain kebijaksanaan umum, bagaimana orang-orang di Taiwan benar-benar melihat taktik intimidasi militer RRC?

Baca Juga: Putin Ingatkan China Jangan Lebay Gunakan Kekuatan Besar pada Taiwan

Apakah mereka percaya konflik militer adalah suatu kemungkinan? Bagaimana pandangan mereka sejalan dengan kebijaksanaan konvensional pejabat Amerika?

Pada Mei 2021, kami mensurvei 1000 penduduk Taiwan dan menemukan bahwa, bertentangan dengan kepercayaan populer, orang Taiwan tidak hanya jauh lebih sadar akan aktivitas militer daripada yang mungkin kita pikirkan, tetapi kekhawatiran mereka tentang potensi konflik juga lebih kuat daripada yang biasanya kita rasakan.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini