Satgas Pastikan Vaksinasi Jangkau Seluruh Rakyat Indonesia: Kami akan Menyesuaikan Situasi Daerahnya

Satgas Pastikan Vaksinasi Jangkau Seluruh Rakyat Indonesia: Kami akan Menyesuaikan Situasi Daerahnya Kredit Foto: Antara/Umarul Faruq

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menegaskan akan memastikan seluruh rakyat Indonesia mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19, baik dosis pertama maupun kedua.

“Kendati pun virus sudah bisa dikendalikan, tetetapi cakupan vaksinasi menjadi tugas kita bersama untuk bisa mencapai lebih dari 80%. Kemudian, tidak boleh ada yang tertinggal, no one left behind, termasuk lansia dan [penyandang] disabilitas,” kata Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Alexander Ginting dalam dialog virtual KPCPEN, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Hal-Hal Penting Terkait Penyintas Covid-19 Tetap Harus Divaksin

Alex menegaskan sasaran vaksinasi juga mencakup rakyat yang berada di daerah terpencil.

Untuk memastikan seluruh warga menerima vaksinasi, Alex mengungkapkan pihaknya menyusun pelaksanaan vaksinasi dengan menyesuaikan situasi di tiap-tiap daerah. Hal ini dilakukan dengan menyerap budaya setempat agar dapat menyusun langkah intervensi yang tepat.

“Kalau di daerah pesisir nelayan, kami akan menyesuaikan waktunya. Karena nelayan waktunya berbeda dengan tani. Demikian juga dengan tani yang di daerah dataran rendah dan dataran tinggi, [waktunya] berbeda,” jelas Alex.

Mengingat kondisi tersebut, Alex menegaskan upaya vaksinasi bukan hanya tugas pemerintah melainkan juga tugas masyarakat.

“Vaksinasi ini tugas bersama, pemerintah dan masyarakat. Kendati pun TNI/Polri sudah turun ke desa dan kecamatan dengan serbuan vaksinasi, tapi kalau rakyat tidak ikut bekerja sama, ini tidak akan berhasil juga,” pungkasnya.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini