Kisah Perusahaan Raksasa: Accenture, Pemimpin Global Layanan Konsultasi jadi yang Terbaik di Dunia

Kisah Perusahaan Raksasa: Accenture, Pemimpin Global Layanan Konsultasi jadi yang Terbaik di Dunia Kredit Foto: Getty Images/Europa Press News

Fortune Global 500 mencatat Accenture Plc sebagai salah satu perusahaan raksasa dunia. Ia beroperasi sebagai perusahaan induk layanan profesional global dan menyediakan layanan konsultasi di bidang digital, teknologi, kesehatan, keuangan, dan operasi.

Salah satu perusahaan multinasional terkemuka di bidang konsultasi manajemen dan outsourcing, Accenture kini telah menjadi pemimpin global dalam layanan konsultasi. Tidak hanya merek yang sekarang ada dalam daftar Fortune, tetapi juga menawarkan layanan dan solusi yang efisien untuk banyak perusahaan yang ada dalam daftar Fortune Global 100 dan Global 500.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Liberty Mutual, Asuransi yang Berdiri dengan Niat Melindungi Pekerja

Dalam catatan milik Fortune, Accenture sukses mengumpulkan 43,21 miliar dolar AS sebagai total pendapatan (revenue) tahun 2020. Sementara itu, laba atau keuntungan perusahaan yang berhasil diraih sebesar 4,77 miliar dolar, dengan kenaikan 17,7 persen pertumbuhannya. 

Accenture sebelumnya adalah divisi konsultasi bisnis dan teknologi dari organisasi akuntansi bernama Arthur Andersen. Usaha pertama adalah mengotomatisasi proses penggajian dan manufaktur untuk klien di Kentucky.

Pada tahun 1989, Arthur Andersen dan Andersen Consulting menjadi unit terpisah dari Andersen Worldwide Société Coopérative (AWSC). Pada 1 Januari 2001, Andersen Consulting mengadopsi nama saat ini, "Accenture".

Saat ini, Accenture memiliki sekitar 204.000 tenaga kerja dengan sekitar 4.500 eksekutif senior dan dapat mengklaim jangkauan global mereka terdiri dari kantor dan operasi di lebih dari 200 kota di 53 negara yang terletak di Amerika, Asia-Pasifik, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Pierre Nanterme, seorang eksekutif bisnis Prancis, saat ini menjabat sebagai ketua dan CEO Accenture.

Berkantor pusat di Dublin sejak 2009, Accenture menawarkan layanan dalam 5 kategori secara luas yaitu Komunikasi, Media dan Teknologi, Layanan Keuangan, Produk, Sumber Daya, Kesehatan, dan Sumber Daya Global. Dalam pengelompokan yang luas ini, Accenture menyediakan solusi strategis, teknologi, bisnis, operasional, dan digital untuk berbagai sub-industri.

Kekuatan Accenture adalah menggunakan kemampuan teknologi dan pengetahuan industrinya untuk mendirikan bisnis baru dan tren teknologi serta mengembangkan solusi untuk membantu klien di seluruh dunia memasuki pasar baru atau untuk meningkatkan pendapatan di pasar yang ada.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini