Lantang! Xi Jinping Berani Janjikan Persatuan China dan Taiwan!

Lantang! Xi Jinping Berani Janjikan Persatuan China dan Taiwan! Kredit Foto: Getty Images/Xinhua

Presiden China, Xi Jinping, berjanji untuk mewujudkan reunifikasi atau penyatuan kembali China dengan Taiwan, pada Sabtu (9/10/2021). Hal tersebut dikatakan setelah sepekan ketegangan terjadi.

Meskipun tidak secara langsung menyebutkan penggunaan kekuatan, Xi mengatakan rakyat China memiliki tradisi mulia dalam menentang separatisme. Baca Juga: Apakah Amerika dan China Benar-benar Menyepakati Perjanjian Taiwan? Sepertinya Tidak Semudah Itu

"Separatisme kemerdekaan Taiwan adalah hambatan terbesar untuk mencapai penyatuan kembali tanah air dan bahaya tersembunyi paling serius bagi peremajaan nasional," katanya pada peringatan revolusi yang menggulingkan dinasti kekaisaran terakhir pada 1911. Baca Juga: Duh! Amarah China Memuncak saat Tahu Senator Prancis Memaksa Panggil Taiwan Negara

"Tugas sejarah penyatuan kembali ibu pertiwi harus dipenuhi dan pasti akan dipenuhi," ujarnya menambahkan. 

Taiwan yang diperintah secara demokratis telah mendapat tekanan militer serta politik yang semakin meningkat dari Beijing untuk menerima kedaulatannya. Namun Taipei berjanji mempertahankan kebebasan mereka dan hanya rakyat Taiwan yang dapat memutuskan masa depan mereka sendiri. Taiwan mengatakan negara adalah negara merdeka yang disebut Republik China, nama resminya.

Angkatan udara China melakukan serangan empat hari berturut-turut ke zona pertahanan udara Taiwan mulai 1 Oktober. Itu melibatkan hampir 150 pesawat, meskipun misi tersebut telah berakhir.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini