Kisah Perusahaan Raksasa: Liberty Mutual, Asuransi yang Berdiri dengan Niat Melindungi Pekerja

Kisah Perusahaan Raksasa: Liberty Mutual, Asuransi yang Berdiri dengan Niat Melindungi Pekerja Kredit Foto: Bloomberg/Brent Lewin

Liberty Mutual Insurance Group atau umum dikenal Liberty Mutual adalah salah satu perusahaan raksasa versih Fortune Global 500, yang bergerak dalam bidang asuransi dan jasa keuangan. Perusahaan asal Boston, Amerika Serikat ini sukses mengumpulkan 43,22 miliar dolar AS pada pendapatannya tahun 2020.

Performa Liberty Mutual menurut finansialnya pada 2020 tidak begitu sehat. Meskipun ia mendapat total revenue di angka tersebut dengan kenaikan sekitar 1,3 persen, hal itu rupanya tidak sejalan dengan keuntungan yang didapat. Laba bersih (profit) perusahaan melorot 51,7 persen, sehingga kini ia hanya mendapat 1,04 miliar dolar per tahun.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Hanwha, Konglomerat Korsel Berkat Jualan Teknologi Bahan Peledak

Sebagai perusahaan asuransi dan jasa keuangan, Liberty Mutual hanya berhasil mengumpulkan sekitar 133,64 miliar dolar. Hasil ini rupanya tidak memengaruhi posisinya dalam daftar tersebut. 

Sementara itu, Liberty Mutual merupakan salah satu perusahaan tua yang ada. Ia didirikan tahun 1912 sebagai Massachusetts Employees Insurance Association (MEIA), mengikuti pengesahan undang-undang Massachusetts tahun 1911 yang mewajibkan pemberi kerja untuk melindungi karyawan mereka dengan asuransi kompensasi pekerja.

Lebih lanjut, Warta Ekonomi pada Jumat (8/10/2021) akan mengulas perjalanan Liberty Mutual secara ringkas dalam artikel perusahaan raksasa sebagai berikut.

Menyambung penjelasan sebelumnya, perusahaan ini didirikan sebagai perusahaan bersama, struktur di mana perusahaan asuransi dimiliki oleh pemegang polisnya. Kantor cabang pertama dibuka pada tahun 1914, dan kemudian pada tahun itu, perusahaan menulis polis asuransi mobil pertamanya.

Nama perusahaan diubah pada tahun 1917 menjadi Liberty Mutual Insurance Company dan, melalui kemitraan, perusahaan mulai menawarkan polis mobil dengan cakupan penuh.

Di masa berikutnya, tahun 1964 Liberty Mutual mulai menawarkan asuransi jiwa melalui bagian dari bisnis Liberty Life Assurance. Pada tahun 1964, Liberty Mutual Insurance Company mulai menawarkan asuransi jiwa melalui Cabang Liberty Life Assurance.

Pada tahun 2002, perusahaan berubah menjadi struktur perusahaan induk bersama saat ini, yang memungkinkannya untuk menawarkan saham sambil tetap menjadi perusahaan bersama.

Konversi itu kontroversial, karena beberapa pemegang polis percaya perubahan itu akan melemahkan kepentingan mereka di perusahaan secara keseluruhan, mengurangi kontrol suara mereka, dan membatasi dividen mereka.

Gugatan diajukan, menuduh bahwa informasi yang diberikan kepada pemegang polis menyesatkan. Liberty Mutual menyelesaikan gugatan pada bulan Desember 2001, yang membutuhkan pengungkapan tambahan dan kompensasi tertentu yang terbatas kepada pejabat dan direktur perusahaan.

Terlepas dari kekhawatiran ini, rencana tersebut disetujui oleh pemegang polis voting sekitar November 2001. Dengan memanfaatkan fleksibilitas yang lebih besar dari struktur perusahaan induk bersama, Liberty Mutual berubah dari perusahaan asuransi lini tunggal yang sangat regional menjadi salah satu perusahaan asuransi properti dan kecelakaan terkemuka di dunia.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini