Klasemen PON: Jawa Barat-DKI Jakarta Bersaing Ketat

Klasemen PON: Jawa Barat-DKI Jakarta Bersaing Ketat Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Kontingen Jawa Barat bersaing ketat dengan DKI Jakarta dalam klasemen perolehanmedali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Hingga pkl. 18.05 WIB ,Jawa Barat memuncaki perolehan medalidengan 55 medali emas, 54 perak dan 57 perunggu.

Jawa Barat, juara umum PON 2016 berhasil menyalip DKI Jakarta yang sebelumnyamemimpin perolehan medali PON XX. Tim Ibu Kota kini berada di urutan kedua dengan perolehan 53 emas, 43 perak, dan 52 perunggu.

Sementara tuan rumah Papua berada di urutan ketiga dengan perolahan 51 emas, 24 perak, dan 44 perunggu. Di urutan keempat ditempati Jawa Timur dengan 49 emas, 39 perak, dan 38 perunggu.

Sedangkan di urutan kelima ada Jawa Tengah dengan 15 emas, 27 perak, dan 30 perunggu. Raihan emas untuk Jawa Barat disumbangkan cabang olahraga judo, tae kwon do, dayung, menembak, muaythai, catur hingga binaraga. Posisi klasemen PON XX Papua 2021 ini masih akan terus berubah.

Pasalnya, ajang olahraga terbesar di Indonesia itu masih akan berlangsung hingga 15 Oktober mendatang. Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menilai penyelengaraan PON XX Papua memberikan dampak ekonomi yang luar biasa kepada masyarakat setempat.

Ia mengungkapkan para pelaku usaha kecil dan menengah bisa mendapatkan keuntungan hingga empat kali lipat dari biasanya. “Tentu saja, ini disebabkan dengan hadirnya kontingen dari 34 provinsi yang terdiri dari 6.116 atlet tamu, dan 923 atlet tuan rumah, Papua,”Ucapnya.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini