Tak Hanya Jeff Bezos, Deretan Miliarder Ini Juga Kepincut Cerahnya Startup Indonesia!

Tak Hanya Jeff Bezos, Deretan Miliarder Ini Juga Kepincut Cerahnya Startup Indonesia! Kredit Foto: Instagram/Jeff Bezos

Miliarder pendiri Amazon, Jeff Bezos baru-baru ini digulingkan sebagai orang terkaya di dunia oleh taipan teknologi saingannya Elon Musk. Meski demikian, Bezos tetap bertaruh pada masa depan e-commerce Asia Tenggara dengan investasinya di perusahaan rintisan Indonesia yang berusia 18 bulan, bernama Ula.

Melalui kantor keluarganya, Bezos Expeditions, orang terkaya kedua di dunia ini ambil bagian dalam putaran pendanaan Seri B senilai USD87 juta (Rp1,2 triliun) yang dipimpin oleh Prosus Ventures, Tencent dan B-Capital untuk perusahaan e-commerce yang berbasis di Jakarta. Putaran Seri B ini hanya jeda delapan bulan setelah mengumpulkan USD20 juta (Rp284 miliar) dalam putaran Seri A.

Baca Juga: Cerita Jeff Bezos yang Pernah Gagal, Pesannya Kena ke Hati Semua Orang

Melansir South China Morning Post di Jakarta, Kamis (7/10/21) meski demikian, jumlah investasi Bezos di Ula tidak diungkapkan, tetapi dia bukan satu-satunya miliarder yang mengincar sebagian dari ekonomi digital Indonesia yang ditaksir senilai USD44 miliar (Rp626 triliun) ini.

Perusahaan investasi raja bisnis Hong Kong Li Ka-shing, Horizons Ventures, juga turut andil dalam pesatnya digitalisasi Indonesia.

Tahun lalu, diperkirakan 40 juta orang di Asia Tenggara online untuk pertama kalinya, sehingga jumlah total pengguna internet di kawasan ini menjadi sekitar 400 juta dari populasi lebih dari 600 juta, menurut studi bersama oleh Google , Temasek dan Bain & Co.

Selain Bezos dan Li Ka-shing, pada bulan Februari, Menko Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim bahwa Tesla yang dimiliki Musk telah mengajukan proposal untuk membangun fasilitas baru di Indonesia.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini