Reshuffle Kabinet Jokowi, Menteri Tito Karnavian Aman

Reshuffle Kabinet Jokowi, Menteri Tito Karnavian Aman Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul mengatakan Tito Karnavian aman dari kursi Menteri Dalam Negeri jika ada reshuffle kabinet.

“Saya yakini Tito tidak akan digeser. Karena malah tidak ketara nanti dia akan melakukan apa atau dia kepanjangan tangan siapa,” kata Adib dalam keterangannya, Rabu (7/10).

Baca Juga: Gegara Marah-marah Melulu Mensos Risma Disebut Layak Kena Reshuffle

Menurut Adib, jika PDIP mengisi posisi Tito dalam hal ini Tjahjo Kumolo justru akan menimbulkan resistensi terhadap kepentingan dari partai moncong putih itu sendiri.

“Jadi orang melihat ini agak kasar. Kalau PDIP menjadi Mendagri. Apalagi posisi Mendagri amat vital dalam menunjuk Pjs (pejabat sementara) kepala daerah yang habis masa jabatannya," jelasnya.

Adib melihat Tito merupakan seorang profesional yang mampu menjalankan tugas dan tidak bisa dengan kepentingan politik partai-partai tertentu, khususnya PDIP.

Sebelumnya, wacana reshuffle kabinet menguat menjelang proses pemilihan Panglima TNI baru.

Tak hanya mengganti Panglima TNI, Presiden Jokowi dikabarkan akan merombak posisi beberapa menteri, di antaranya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Jabatan Tito Karnavian kemungkinan akan diambil alih Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo, karena PDIP mengincar kursi mendagari demi mengamankan suara dalam Pemilu 2024.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini