Bisnis Satelit Meroket, Jeff Bezos dan Elon Musk Bakal Saingan dengan Miliarder India

Bisnis Satelit Meroket, Jeff Bezos dan Elon Musk Bakal Saingan dengan Miliarder India Kredit Foto: Instagram/jeffbezos

Dua orang terkaya dunia, Jeff Bezos dan Elon Musk akan segera bersaing dengan taipan dan miliarder India, Mukesh Ambani dan Sunil Bharti Mittal dalam menawarkan layanan broadband berbasis satelit kepada konsumen.

Elon Musk memiliki satelit Starlink, sementara Jeff Bezos memiliki Kuiper. Kedua pebisnis ini telah mengadakan konsultasi dengan kementerian telekomunikasi dan departemen luar angkasa untuk menawarkan layanan internet berbasis satelit, dalam laporan Times of India.

Dilansir dari India Times di Jakarta, Senin (4/10/21) namun, mereka belum mendekati pemerintah untuk mendapatkan izin. Sementara itu, Sanjay Bhargava telah bergabung dengan SpaceX sebagai direktur Starlink India, per 1 Oktober 2021. Bhargava akan memimpin operasi di India.

Baca Juga: Terungkap Tak Tinggal Diam, Jeff Bezos Tunjukkan Bukti Nyata: Elon Musk Gugat Amazon Sejak 2004!

Perusahaan kedirgantaraan AS yang dipimpin Musk ini telah bersiap untuk bersaing dengan OneWeb yang didukung grup Bharti sang miliarder India. Grupnya akan meluncurkan layanan broadband satelit cepat di India tahun depan. Satelitnya, OneWeb dipimpin Sunil Mittal bersama dengan pemerintah Inggris.

Layanan broadband berbasis satelit lebih cepat dan dapat ditawarkan melalui wilayah yang luas melalui orbit rendah bumi atau satelit LEO. Ini akan menjadi pengubah permainan bagi India karena akan membantu meningkatkan konektivitas ke medan yang sulit seperti daerah pegunungan dan perbukitan.

Musk mengatakan rencana Starlink di India tinggal mencari tahu proses persetujuan peraturan. Sementara itu, Amazon terkunci dalam persaingan ketat dengan Reliance milik taipan Ambani. Meski demikian, layanan broadband satelit juga dapat membantu Amazon untuk memperkuat kehadiran ritelnya di India.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini