Kemenperin Pacu IKM

Kemenperin Pacu IKM Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Kementerian Perindustrian terus mendorong strategi dan memanfaatkan momentum untuk meningkatkan peran sektor industri dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah melalui penyelenggaraan kegiatan pelatihan IKM Go Digital bagi para pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM).

"Upaya ini juga sekaligus memberdayakan para pelaku IKM dengan memiliki kecakapan digital (digital literacy) dalam menghadapi era industri 4.0 ini," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada peluncuran  Solo Great Sale 2021 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (1/10).

Strategi penguatan IKM di masa pandemi merupakan langkah penting karena sudah semestinya merangkul IKM yang berpredikat sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Sebagai bagian dari industri nasional, peran IKM sangat besar, dengan mengisi 99% dari total unit usaha industri di Indonesia secara keseluruhan. Sektor IKM juga menyerap 66% dari total tenaga kerja di sektor industri.

"Meski demikian, nilai output IKM terhadap industri masih tergolong rendah berkisar di angka 21%. Hal ini merupakan salah satu perhatian kami di Kemenperin," terang Menperin.

Karenanya, Kemenperin fokus untuk memacu agar IKM naik kelas dan menjadi bagian dari rantai pasok industri besar. Hal ini dapat memaksimalkan kontribusi outputnya terhadap industri dan perekonomian baik nasional maupun daerah.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini