Mau Gelar Acara Skala Besar? Prokes Jangan Lupa Please!

Mau Gelar Acara Skala Besar? Prokes Jangan Lupa Please! Kredit Foto: BNPB

Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia mengalami perkembangan yang baik. Mempertimbangkan penambahan kasus yang terkendali, pemerintah kini mengizinkan aktivitas sosial-ekonomi dibuka secara bertahap. Kegiatan berskala besar pun boleh digelar, namun dengan berbagai catatan yang harus dipatuhi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengungkapkan bahwa salah satu yang akan dipertimbangkan untuk memberi izin kegiatan berskala besar adalah kondisi kasus yang terkendali di sekitar daerah penyelenggaraan. Baca Juga: Pengendalian Kasus Membaik Jadi Modal RI Menuju Endemi Covid-19

"Kami tegaskan bahwa pemerintah baru akan memberikan izin pembukaan sektor jika kondisi kasus di sekitar daerah penyelenggaraan acara terkendali," pungkas Wiku, dilansir pada Kamis, 30 September 2021. Baca Juga: Karena PPKM, Ariel NOAH: Gue Sudah Kayak Ibu-ibu

Lebih lanjut, Wiku juga meminta komitmen penyelenggara acara mengenai kesiapan yang matang sebelum kegiatan berjalan kembali. Pembentukan panitia khusus atau satgas juga diperlukan guna mengawasi kepatuhan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Pemerintah telah merincikan aturan kegiatan sudah termaktub dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (InMendagri) Nomor 43 untuk Wilayah Jawa-Bali dan Nomor 44 Tahun 2021 untuk wilayah luar Jawa-Bali. Beberapa aturan yang ada di dalamnya seperti kapasitas tata kelola kegiatan sesuai dengan level daerah per kabupaten/kota.

Pemerintah daerah setempat diharapkan dapat memanfaatkan waktu evaluasi PPKM per dua pekan. Hal itu guna melakukan sosialisasi semasif mungkin agar masyarakat dapat mengetahui betul perkembangan kebijakan yang sedang berlaku. Pada prinsipnya, semua itu dilakukan sebagai upaya kehati-hatian sekaligus mewadahi produktivitas masyarakat.

"Asalkan seluruh elemen berkomitmen menjalankan protokol kesehatan secara kolektif. Sudah saatnya kita kembali bergerak maju memulihkan produktivitas masyarakat setelah cukup baik mengendalikan kasus," tutupnya.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini