Ngeri! Mendadak Korsel Luncurkan Kapal Selam Bersenjata Rudal Nuklir

Ngeri! Mendadak Korsel Luncurkan Kapal Selam Bersenjata Rudal Nuklir Kredit Foto: U.S. Navy/Mass Communication Specialist 1st Class Ronald Gutridge

Korea Selatan (Korsel) akan meluncurkan kapal selam yang memiliki bobot hingga 3.000 ton. Itu merupakan kapal selam ketiga yang dilengkapi dengan rudal balistik buatan Korsel.

Angkatan Laut dan badan Program Akusisi Pertahanan Korsel mengumumkan peluncuran kapal selam rudal balistik ketiga tersebut, yang dinamakan Shin Chae-ho pada Selasa (28/9/2021). Pembuatan kapal selam itu merupakan bagian dari proyek pertahanan negara Asia Timur yang bernilai hingga 2,8 miliar dolar AS.

Baca Juga: Bikin Ngeri... Mendadak Korea Selatan jadi Negara Berbahaya, Asia dalam Darurat

Dilansir Bernama, kapal selam Dosan Ahn Chang-ho pertama diluncurkan pada 2018 dan dikerahkan pada Agustus. Sementara, kapal selam Ahn Mu kedua diluncurkan pada November 2020 dan akan dikirim ke Angkatan Laut pada 2022.

Shin Chae-ho akan dikirim kepada Angkatan Laut Korsel pada 2024, setelah uji coba di laut dilakukan. Ketiga kapal selam buatan Negeri Ginseng ini disebut mampu menembakkan rudal balistik (SLBM) yang diluncurkan kapal selam dengan enam tabung peluncuran vertikal. 

Militer Korsel juga telah berhasil melakukan uji tembak SLBM dari kapal selam Dosan Ahn Chang-ho pada awal bulan ini. Dikenal sebagai ‘Hyunmoo 4-4’ karena dikembangkan berdasarkan teknologi rudal balistik Hyunmoo-2B negara itu dengan jangkauan sekitar 500 km.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini