Awas! Beberapa Gejala Ini Merujuk pada Kondisi Anda Terkena Diabetes Melitus

Awas! Beberapa Gejala Ini Merujuk pada Kondisi Anda Terkena Diabetes Melitus Kredit Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Mengutip laman Healthline, diabetes mellitus atau biasa seerhana dikenal sebagai diabetes/kencing manis, adalah penyakit metabolik yang menyebabkan gula darah tinggi.

Umumnya diabetes terdiagnosis pada tubuh seseorang melewati seangkaian tes yang dilakukan tenaga kesehatan. Terlepas dari hal itu, penting untuk diingat bahwa kondisi diabetes dapat diketahui dari beberapa gejala yang sering dialami.

Baca Juga: Anda Mendapat Diagnosis Prediabetes? Lakukan Beberapa Hal Ini Agar Tidak Bertambah Buruk

Gejala yang ditimbulkan tubuh bisa sangat ringan sehingga Anda tidak menyadarinya. Hal ini terutama berlaku untuk diabetes tipe 2. Beberapa orang tidak mengetahui bahwa mereka memilikinya sampai mereka mendapatkan masalah dari kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

Berikut beberapa gejala yang merujuk ada kondisi kesehatan diabetes yang kami lansi dari laman kesehatan webmd.com.

Kelaparan dan Kelelahan.

Tubuh Anda mengubah makanan yang Anda makan menjadi glukosa yang digunakan sel-sel Anda untuk energi. Tetapi sel-sel Anda membutuhkan insulin untuk mengambil glukosa.

Baca Juga: Sering Dikaitkan dengan Diabetes, Apa Itu Insulin?

Jika tubuh Anda tidak membuat cukup atau insulin apa pun, atau jika sel Anda menolak insulin yang dibuat tubuh Anda, glukosa tidak dapat masuk ke dalamnya dan Anda tidak memiliki energi. Ini bisa membuat Anda lebih lapar dan lelah dari biasanya.

Kencing Lebih Sering dan Menjadi Lebih Haus.

Rata-rata orang biasanya harus buang air kecil antara empat dan tujuh kali dalam 24 jam, tetapi penderita diabetes mungkin buang air kecil lebih banyak. Mengapa? Biasanya, tubuh Anda menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal Anda. Tetapi ketika diabetes mendorong gula darah Anda naik, ginjal Anda mungkin tidak dapat mengembalikan semuanya.

Hal ini menyebabkan tubuh membuat lebih banyak urin, dan itu membutuhkan cairan. Hasilnya: Anda harus pergi lebih sering. Anda mungkin buang air kecil lebih banyak juga. Karena Anda terlalu banyak mengintip, Anda bisa menjadi sangat haus. Saat Anda minum lebih banyak, Anda juga akan buang air kecil lebih banyak.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Mulut Kering dan Kulit Gatal.

Karena tubuh Anda menggunakan cairan untuk buang air kecil, kelembapan untuk hal lain berkurang. Anda bisa mengalami dehidrasi, dan mulut Anda mungkin terasa kering. Kulit kering bisa membuat Anda gatal.

Penglihatan Kabur.

Mengubah kadar cairan dalam tubuh Anda bisa membuat lensa di mata Anda membengkak. Mereka berubah bentuk dan tidak bisa fokus.

Baca Juga: Penting! Anda Perlu Melakukan Tes Diagnosis Diabetes Secepatnya, Alasannya karena…

Kunjungi tenaga kesehatan jika Anda merasa mengalami gejala di atas unutk mendapat penanganan lebih lanjut

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini