Yuk Sama-Sama Cegah Gelombang Ketiga Covid-19 di Indonesia

Yuk Sama-Sama Cegah Gelombang Ketiga Covid-19 di Indonesia Kredit Foto: Kominfo

Gelombang ketiga Covid-19 harus diantisipasi secara bersama-sama sehingga tidak terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah meminta masyarakat untuk turut mengantisipasi hal itu dengan berbagai langkah dan kebijakan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G Plate, mengungkapkan bahwa ada empat hal yang bisa dilakukan sebagai langkah antisipasi. Pertama, aktivitas 3T (testing, tracing, dan treatment) harus diperkuat. Tak lupa juga, masyarakat harus disiplin menggunakan masker dan melakukan vaksinasi Covid-19. Baca Juga: Vaksinasi bagi Anak Penyandang Disabilitas oleh YCAB Foundation Diikuti 500 Peserta

Terakhir, penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai kunci untuk menjaga momentum perkembangan positif penanganan Covid-19 di Tanah Air. Semua itu dilakukan supaya Indonesia tak bernasib sama dengan sejumlah negara yang tengah mengalami peningkatan kasus. Baca Juga: Dorong Vaksinasi Anak dengan Disabilitas, Ini Program yang Dijalankan Kemenkes

"Pemerintah mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mengantisipasi gelombang ke-3 Covid-19 seiring meningkatnya kasus di beberapa negara tetangga, seperti Filipina, Malaysia, dan Singapura," tegas Johnny, dilansir pada Rabu, 22 September 2021.

Ia menambahkan, berdasarkan penelitian berjudul Multiwave Pandemic Dynamics Explained: How to Tame the Next Wave of Infectious Diseases dalam jurnal Scientific Reports, gelombang baru Covid-19 tidak dapat dihindari. Hanya saja, yang dapat dilakukan saat ini adalah memperlambat terjadinya gelombang baru dengan mengendalikan jumlah kasus ketika berada di level rendah. Upaya tersebut dapat kian maksimal jika ditambah dengan vaksinasi.

"Hal ini yang harus dipertahankan serendah mungkin dalam waktu yang lama untuk meminimalisir dampak buruk gelombang baru," sambungnya.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini