Penting! Ini Cara Menghindari Penyakit Diabetes

Penting! Ini Cara Menghindari Penyakit Diabetes Kredit Foto: Unsplash/Derick McKinney

Banyak orang melakukan upaya agar terhindar dari diabetes. Aktivitas fisik, diet ketat, sampai minum obat atau suplemen adalah di antara upaya-upaya menghindari diabetes. Jika Anda telah melakukan upaya tersebut terlebih setelah berkonsultasi dengan tenaga kesehatan, maka hal itu adalah sesuatu yang sangat baik.

Baca Juga: Apakah Buah Pir Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Bagi anda yang baru ingin memulai upaya terhindar dari diabetes, mungkin beberapa arahan atau informasi sederhana ini dapat berguna.

Melansir laman helpguide.org, Baik Anda mencoba mencegah atau mengendalikan diabetes, kebutuhan nutrisi Anda hampir sama dengan orang lain, jadi tidak diperlukan makanan khusus. Tetapi Anda perlu memperhatikan beberapa pilihan makanan Anda, terutama karbohidrat yang Anda makan.

Meskipun mengikuti diet Mediterania atau diet sehat jantung lainnya dapat membantu dalam hal ini, hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah menurunkan sedikit berat badan.

Kehilangan hanya 5% sampai 10% dari total berat badan dapat membantu Anda menurunkan gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol.

Baca Juga: Tidak Bisa Dianggap Remeh, Diabetes pada Masa Kehamilan Memicu Beberapa Risiko Kesehatan Ini

Menurunkan berat badan dan makan lebih sehat juga dapat memiliki efek mendalam pada suasana hati, energi, dan rasa sejahtera Anda. Orang dengan diabetes memiliki hampir dua kali lipat risiko penyakit jantung dan berisiko lebih besar terkena gangguan kesehatan mental seperti depresi.

Tetapi kebanyakan kasus diabetes tipe 2 dapat dicegah dan beberapa bahkan dapat dibalik. Bahkan jika Anda sudah mengidap diabetes, belum terlambat untuk membuat perubahan positif. Dengan makan lebih sehat, lebih aktif secara fisik, dan menurunkan berat badan, Anda dapat mengurangi gejala Anda.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Mengambil langkah-langkah untuk mencegah atau mengendalikan diabetes tidak berarti hidup dalam kekurangan, itu berarti makan makanan yang lezat dan seimbang yang juga akan meningkatkan energi Anda dan memperbaiki suasana hati Anda. Anda tidak harus meninggalkan permen sepenuhnya atau menyerah pada makanan hambar seumur hidup.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini