Penting! Berikut Tips Melahirkan Bayi Sehat untuk Wanita yang Mengidap Diabetes

Penting! Berikut Tips Melahirkan Bayi Sehat untuk Wanita yang Mengidap Diabetes Kredit Foto: Unsplash/Suhyeon Choi

Diabetes adalah kondisi yang tidak akan pernah diharapkan setiap orang karena dampak luar biasa yang ditimbulkan ke tubuh. Hal ini makin menjadi lebih dengan kondisi khusus seperti kehamilan bagi wanita. Mengidap diabetes saat hamil bukan saja memengaruhi kondisi tubuh tetapi juga kondisi bayi yang masih dalam kandungan.

Berdasarkan hal tersebut, maka penting mengambil langkah pencegahan ataupun penangan yang tepat agar kondisi sang ibu dan bayi dalam kandungannya bisa tetap aman dan sehat.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan wanita hamil yang mengidap diabetes agar bayi lahir dengan selamat dan sehat sebagimana dilansir dari laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Baca Juga: Tidak Bisa Dianggap Remeh, Diabetes pada Masa Kehamilan Memicu Beberapa Risiko Kesehatan Ini

Rencana Kehamilan

Sebelum hamil, temui dokter Anda. Dokter perlu melihat efek diabetes pada tubuh Anda, berbicara dengan Anda tentang mendapatkan dan menjaga kontrol gula darah Anda, mengganti obat jika diperlukan, dan merencanakan tindak lanjut yang sering.

Jika Anda kelebihan berat badan, dokter mungkin menyarankan Anda untuk mencoba menurunkan berat badan sebelum hamil sebagai bagian dari rencana untuk mengontrol gula darah Anda.

Temui Dokter Secara Rutin

Selama kehamilan, wanita dengan diabetes perlu ke dokter lebih sering daripada wanita hamil tanpa diabetes. Bersama-sama, Anda dapat bekerja sama dengan dokter untuk mencegah atau mendiagnosis masalah sejak dini.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini