Gelontorkan Rp24 Triliun, Bill Gates Sayangkan Tragedi Vaksin Covid-19 yang Tidak Merata

Gelontorkan Rp24 Triliun, Bill Gates Sayangkan Tragedi Vaksin Covid-19 yang Tidak Merata Kredit Foto: Reuters/Arnd Wiegmann

Miliarder Bill Gates kembali buka suara terkait perkembangan vaksin yang tidak merata. Dalam laporan yayasannya, Bill & Melinda Gates Foundation, Gates mengungkap masih banyak orang yang belum divaksinasi Covid-19 meski sangat menginginkannya.

“Kurangnya akses yang adil ke vaksin COVID-19 adalah tragedi kesehatan masyarakat,” kata Bill Gates dalam sebuah pernyataan dikutip dari Geek Wire di Jakarta, Selasa (21/9/21).

Laporan terbaru tersebut ditulis oleh Bill Gates dan Melinda French Gates sebagai ketua bersama yayasan.

Baca Juga: Gokil! Dibekingi Bill Gates dan Jeff Bezos, Startup Ini Bakal Jadi Pemasok Nikel Tesla!

COVID-19 adalah topik utama dari laporan tersebut, mereka mengutip pengembangan beberapa vaksin yang luar biasa cepat dan belum pernah terjadi sebelumnya. Pada saat yang sama, laporan tersebut mencatat, lebih dari 80% vaksin COVID-19 sejauh ini telah diberikan di negara-negara berpenghasilan tinggi dan menengah ke atas.

“Beberapa telah mendapatkan dua hingga tiga kali jumlah dosis yang dibutuhkan untuk menutupi populasi mereka, jika penguat diperlukan untuk varian yang semakin menular,” tulis Bill Gates dan Melinda French Gates dalam laporan tersebut.

“Sementara itu, kurang dari 1% dosis telah diberikan di negara-negara berpenghasilan rendah. Ketidaksetaraan ini adalah kemarahan moral yang mendalam, dan meningkatkan risiko yang sangat nyata bahwa negara dan komunitas berpenghasilan tinggi akan mulai memperlakukan COVID-19 sebagai epidemi kemiskinan lainnya: Bukan masalah kita.” tambah Gates.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini