Cegah Cacat Lahir, Pemerintah UK Menambahkan Asam Folat ke Produk Tepung yang Dikonsumsi

Cegah Cacat Lahir, Pemerintah UK Menambahkan Asam Folat ke Produk Tepung yang Dikonsumsi Kredit Foto: Unsplash/Peter Feghali

Memastikan keadaan ibu hamil dalam kondisi sehat bukan saja dilihat dari tampak fisik luar saja. Dibutuhkan asupan seimbang agar kondisi buah hati yang dalam kandungan juga sehat. Salah satu asupan gizi yang penting untuk ibu hamil adalah asam folat.

Kini pemerintah UK (United Kingdom/Inggris Raya) menerapkan aturan adanya tambahan asam folat pada produk tepung untuk mencegah cacat lahir pada anak.

Baca Juga: Studi: Folat Berperan Besar dalam Mencegah Penyakit Alzheimer

Melansir lama BBC (20/9/21), Asam folat akan ditambahkan ke tepung yang beredar di UK/Inggris raya untuk membantu mencegah cacat lahir tulang belakang pada bayi, pemerintah telah mengumumkan.

Wanita disarankan untuk mengonsumsi vitamin B - yang dapat mencegah spina bifida pada bayi yang belum lahir - sebelum dan selama kehamilan, tetapi banyak yang tidak.

Diperkirakan bahwa menambahkan asam folat ke tepung dapat mencegah hingga 200 cacat lahir per tahun.

Aturan baru hanya akan berlaku untuk tepung terigu non-wholemeal, dengan makanan bebas gluten dan tepung wholemeal dikecualikan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurangi Frekuensi Buang Air Kecil Berlebih pada Kondisi Diabetes?

Fortifikasi wajib - yang pemerintah menjalankan konsultasi publik pada tahun 2019 - akan melihat semua orang yang makan makanan seperti roti mendapatkan lebih banyak asam folat dalam makanan mereka.

Cacat tabung saraf, seperti spina bifida (perkembangan tulang belakang yang tidak normal) dan anencephaly, suatu kondisi yang membatasi kehidupan yang mempengaruhi otak, mempengaruhi sekitar 1.000 kehamilan per tahun di Inggris.

Banyak bayi yang didiagnosis dengan spina bifida bertahan hidup hingga dewasa, tetapi akan mengalami gangguan seumur hidup.

Baca Juga: Penting! Ibu Hamil dan Menyusui Harus Perbanyak Minum Air Putih, Alasannya...

Wanita disarankan untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat sehari selama setidaknya satu bulan sebelum pembuahan dan hingga minggu ke-12 kehamilan.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini