Tito Karnavian Sampaikan Puji-Puji ke Presiden Jokowi: 2045 Akan Jadi Tahun Emas bagi Indonesia

Tito Karnavian Sampaikan Puji-Puji ke Presiden Jokowi: 2045 Akan Jadi Tahun Emas bagi Indonesia Kredit Foto: Instagram/Joko Widodo

Kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama dua periode diyakini dapat membawa Indonesia emas pada 2045. Indonesia juga memiliki potensi untuk dapat menggenjot instrumen keuangan dan ekonomi dengan dibekali sumber daya melimpah. 

Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, saat membuka Musyawarah Nasional IV Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) dengan tema Memperkuat Posisi Desa sebagai Entitas Local Self Government dalam Sistem Tata Negara menuju Indonesia Emas 2045 yang digelar pada akhir pekan lalu.

Baca Juga: Isu Pemilu 2024 Mundur Dikuliti Habis-habisan, Seret Nama Tito Karnavian 

Mendagri menjelaskan potensi tersebut disadari betul oleh Presiden Jokowi. Pada periode pertama kepemimpinannya, Jokowi fokus untuk membangun dan memperkuat infrastruktur untuk mempermudah konektivitas. Sementara di periode kedua, Jokowi fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui bidang pendidikan dan kesehatan.

Salah satu perhatian pemerintah adalah bagaimana menciptakan SDM yang unggul lewat sektor pendidikan formal dan informal, serta SDM yang kuat dan sehat, tanpa stunting. 

"Pemerintah desa tolong kontribusi betul program stunting, yaitu pertumbuhan yang tidak baik (tak optimal) di 1.000 hari pertama masa kehidupan karena kekurangan gizi (bisa menyebabkan) stunting," kata Mendagri.

Pentingnya gizi pada 1.000 hari pertama masa kehidupan merupakan penentu masa keemasan atau golden age bagi anak. Karena itu, peran pemerintah desa melalui program-programnya diharapkan dapat memperhatikan dan menyentuh gizi ibu hamil hingga sang anak dilahirkan.

"Sembilan bulan di kandungan dan dua tahun masa pertumbuhan, gizi ibu atau anaknya kurang baik akan membuat ia mengalami problem pertumbuhan," ujarnya.

Salah satu caranya, dengan door to door mengidentifikasi kebutuhan makanan sehat bagi ibu hamil dan anak yang membutuhkan untuk dapat memenuhi gizi pada 1.000 hari pertamanya.

Baca Juga: Ketidaktahuan Orang Tua Mengenai Kebutuhan Gizi Bisa Picu Stunting pada Anak

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini