Sama atau Beda? Diabetes Melitus dan Diabetes Insipidus

Sama atau Beda? Diabetes Melitus dan Diabetes Insipidus Kredit Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Istilah diabetes sangat familiar di kalangan masyarakat umum, Pun demikian dengan diabetes melitus. Diabetes melitus adalah kondisi di mana pankreas tidak cukup membuat insulin untuk mengontrol jumlah glukosa.

Tetapi pernahkah Anda mendengar istilah diabetes insipidus? Apakah jenis ini sama dengan diabetes melitus? Berikut informasinya.

Melansir laman kesehatan webmd.com, Kedua diabetes ini tidak memiliki hubungan tetapi memang ada gejala yang ditimbulkan serupa. Mereka menyebabkan masalah yang berbeda dan memiliki perawatan yang sangat berbeda.

Baca Juga: Bukan Hanya Satu Masalah, Diabetes Juga Mempengaruhi Kesehatan Gigi dan Gusi

Diabetes melitus lebih dikenal dengan sebutan penyakit kencing manis. Saat pankreas Anda tidak menghasilkan cukup insulin untuk mengontrol jumlah glukosa, atau gula, dalam darah Anda.

Diabetes insipidus adalah kondisi langka yang tidak ada hubungannya dengan pankreas atau gula darah. Sebaliknya, itu terjadi ketika ginjal Anda menghasilkan banyak kencing ekstra. Biasanya, mereka menyaring darah Anda untuk menghasilkan sekitar satu atau 2 liter setiap hari.

Ketika Anda menderita diabetes insipidus, itu lebih seperti 3 hingga 20 liter, dan sebagian besar terdiri dari air. Kehilangan cairan yang dramatis ini membuat Anda benar-benar haus.

Gejala

Meskipun diabetes mellitus dan diabetes insipidus memiliki gejala yang sama, gejala ini memiliki penyebab yang berbeda.

Kelelahan: Dengan diabetes insipidus, Anda mungkin merasa sangat lelah karena dehidrasi. Ini juga mungkin karena Anda kekurangan elektrolit, seperti natrium, kalium, atau kalsium, yang keluar dengan semua buang air kecil.

Jika Anda menderita diabetes mellitus, Anda mungkin merasa sangat lelah ketika kadar gula darah Anda terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Haus: Diabetes insipidus membuat Anda merasa sangat haus karena begitu banyak cairan yang keluar dari tubuh Anda. Dengan diabetes mellitus, Anda merasa haus karena terlalu banyak glukosa dalam darah Anda. Tubuh Anda ingin Anda minum lebih banyak air untuk mengeluarkan gula.

Baca Juga: Jarang Terdengar, Jenis Tanaman Ini Ternyata Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

Penglihatan kabur: Dehidrasi dalam waktu lama dapat menyebabkan penglihatan kabur jika Anda menderita diabetes insipidus. Dengan diabetes mellitus, itu karena Anda memiliki terlalu banyak glukosa dalam darah Anda.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini