BNI Xpora, Platform BNI untuk Mendorong UMKM Indonesia Berkancah di Tingkat Global

BNI Xpora, Platform BNI untuk Mendorong UMKM Indonesia Berkancah di Tingkat Global Kredit Foto: Sufri Yuliardi

PT Bank Negara Indonesia (Persero) selain menyediakan platform digiKU untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia, BRI juga menyediakan platform lainnya bernama Xpora agar produk UMKM dapat berekspansi hingga ke kancah global.

Direktur Bisnis UMKM PT Bank Negara Indonesia (Persero) Muhammad Iqbal mengatakan BNI Xpora dapat menjadi solusi baru yang ditawarkan BNI dengan melayani UMKM dengan orientasi ekspor melalui 7 one stop shopping hub yang sudah tersedia di Jakarta, Bandung, Solo, Denpasar, Surabaya, Medan, dan Makasar.

“Platform digital Xpora tersebut juga menujang 3 visi besar di dalamnya seperti go productive, go digital, dan go global,” katanya dalam Webinar Digitalisasi Pembiayaan UMKM, Sabtu (18/9/2021). Baca Juga: Dukung Pengembangan UMKM, BNI Sediakan Ekosistem Ekonomi Digital digiKU

Iqbal mengatakan platform Xpora juga akan memberikan keuntungan kepada pelaku UMKM yang memanfaatkannya. Di antaranya seperti pelayanan cepat dan berkualitas, peningkatan kapabilitas melalui edukasi dan pendampingan, solusi keuangan mudah dan terintegrasi, aktivasi yang komprehensif, solusi transaksi nirtunai, pemberdayaan bisnis ekspor, dan solusi dengan orientasi ekspor.

Berdasarkan pengamatan Iqbal selama ini terdapat sebanyak eksporter stabil sebayak 13 ribu pelaku usaha dengan kontribusi GDP sebesar 2-3 persen. Selain itu juga teradapat potensi 112 ribu pelaku usaha eksportir baru dengan kontribusi GDP sebesar 22 persen, hingga terdapat 62 juta pelaku usaha yang berkaitan langsung dengan usaha ekspor dengan kontribusi GDP sebesar 37 persen.

Xpora juga dirancang dapat menjadi ekosistem ekonomi digital yang dapat diakses dengan mudah oleh sebanyak 120 ribu UMKM yang secara tidak langsung berkaitan dengan usaha ekspor.

Selain itu, Xpora juga akan menyediakan akses kepada 100 juta konsumen di seluruh dunia, hingga 300 ribu bisnis yang berasal dari 50 negara. Termasuk fasilitas lainnya seperti akan terkoneksikan dengan sebanyak 15 perusahaan eksportir.

“Kami berharap dengan adanya BNI Xpore ini menjadi platform untuk membantu UMKM di Indonesia untuk meningkatkan kapabilitas dan memperkuat bisnis secara terintegrasi,” pungkasnya.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini