Sebanyak 25.000 UMKM Terlibat Festival Foodpreneur Bersinar, Terintegrasi dalam Tokopedia Nyam

Sebanyak 25.000 UMKM Terlibat Festival Foodpreneur Bersinar, Terintegrasi dalam Tokopedia Nyam Kredit Foto: Tokopedia

Festival Foodpreneur Bersinar yang diselenggarakan melalui kerja sama Sunlight dengan Tokopedia sejak Juli 2021 setidaknya sudah terdapat sebanyak 25.000 UMKM yang terlibat. Disusul dengan bulan Agustus dengan serangkaian kelas edukasi pengembangan bisnis dengan puncak acara yang berlangsung pada September di Tokopedia Nyam.

Sebanyak 25.000 UMKM yang sudah terlibat nantinya akan dibekali serangkaian akses pengetahuan mengenai pengembangan bisnis kuliner mulai kelas fotografi kuliner hingga tips dan trik berjualan makanan. Hal tersebut dilakukan Sunlight dengan melibatkan Amartha melakukan peningkatan kompetensi kewirausahaan hingga pendampingan program digitalisasi.

Baca Juga: Mitra DANA Bisnis Capai 300.000 UMKM, Masih Didominasi Pulau Jawa

Head of Category Development (FMCG) Tokopedia, Pranidhana Mahardhika, menyampaikan hampir 4.000 UMKM kuliner dalam Tokopedia Nyam akan dipromosikan secara khusus selama Festival Foodpreneur Bersinar berlangsung,

“Kolaborasi antara Tokopedia dengan Sunlight melalui program Festival Foodpreneur Bersinar sejalan dengan komitmen kami untuk mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pegiat usaha, termasuk perempuan pegiat UMKM lokal dari industri kuliner, terutama di tengah pandemi,” ujarnya dalam konferensi pers Sunlight Festival Foodpreneur Bersinar, Jumat (17/9/2021).

Dia percaya bahwa penjual yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi karena dinilai terbukti berhasil mempertahankan kelangsungan bisnis, hingga memastikan lapangan pekerjaan tetap terjaga.

Pranidhana berharap dengan membantu UMKM lokal akan memberikan berkontribusi memulihkan ekonomi Indonesia yang saat ini terdampak pandemi. Terbukti, sektor kuliner merupakan salah satu sektor yang terus digemari masyarakat bahkan di tengah pandemi.

“Tokopedia sendiri mencatat jumlah transaksi lewat Tokopedia Nyam meningkat lebih dari 5 kali lipat selama kuartal II/2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya,” katanya.

Plt. Deputi Menteri KPPPA Bidang Partisipasi Masyarakat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indra Gunawan mengatakan kolaborasi yang melibatkan Sunlight, Tokopedia, dan Amartha dapat mendorong leadership di bidang kewirausahaan.

“Mengusung tema 'Recover Together, Stronger Together’ tentu kita mengharapkan adanya peran dari berbagai dunia usaha agar dapat ikut serta dalam mendampingi usaha-usaha kecil yang sedang berusaha bangkit dari pandemi agar dapat terlibat dan bersinergi untuk membantu pemulihan ekonomi secara nasional,” pungkasnya.

Selain menghadirkan program Festival Foodpreneur Bersinar, Sunlight dan Tokopedia juga meluncurkan Sunlight edisi khusus ‘Bangga UMKM’. Desain produk yang dihadirkan terinspirasi dari berbagai kuliner nusantara, dan edisi khusus ini akan tersedia pada akhir bulan September. Dengan memindai kode QR pada kemasan khusus ini, konsumen juga akan mendapatkan potongan harga untuk berbelanja produk-produk Unilever di Tokopedia. 

Nikmati beragam kuliner dari UMKM Indonesia di Festival Foodpreneur Bersinar, dapat diakses melalui link berikut: https://tokopedia.link/1b3FfeGxBjb.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini