Buku “Bocah Kebon Dari Deli” Ungkap Lika Liku Prof. Dr. Supandi

Buku “Bocah Kebon Dari Deli” Ungkap Lika Liku Prof. Dr. Supandi Kredit Foto:

Riuh semarak berlangsung meriah dalam acara bedah buku Biografi Prof. Dr. Supandi, SH, M.Hum “Bocah Kebon Dari Deli” pada hari Jumat, tanggal 17 September 2021. Acara bedah buku dalam dialog webinar Aktual.com, yang diikuti tak kurang dari 200 orang peserta dari seluruh Indonesia. 

Acara dibuka dengan penyampaian resume buku “Bocah Kebon Dari Deli” yang disampaikan oleh penulis buku, Irawan Santoso. Katanya buku itu memberikan makna mendalam untuk memahami bagaimana Takdir Tuhan berjalan. 

Perjalanan hidup Prof. Supandi yang penuh liku, mulai dari kisah kakeknya, Ki Ibrahim yang berasal dari Desa Tlutup, Juwana, Pati, Jawa Tengah, kemudian lari ke tanah Deli. Dan bergabung dengan kisah ‘koeli kontrak’ di perkebunan Hindia Belanda. 

Dari sanalah Ngadimun lahir, ayah dari Prof. Supandi. Namun siapa sangka, kakek buyut Prof. Supandi adalah seorang ‘Tumenggung’ dari Keraton Surakarta. Namanya Raden Matkasan. Beliau salah seorang pejabat Keraton Surakarta yang terlibat aktif dalam membantu perjuangan Pangeran Diponegoro dalam memerangi kolonial Hindia Belanda dan pengikutnya.

“Riwayat perjalanan hidup saya dan leluhur saya, dari kecil sampai saat ini. Masih banyak mosaik-mosaik di dalamnya, InsyaAllah nanti akan diterbitkan dalam 3 edisi, untuk yang saat ini adalah edisi pertama,” ujar Prof. Supandi, dalam acara itu. 

Dikisahkan juga dalam buku itu, perjalanan Prof Supandi dalam mencari jejak leluhurnya dari tanah Deli ke tanah Jawa. Karena beliau dilahirkan di Deli, Sumatera Utara, pada masa perkebunan tembakau. Ternyata setelah diusut, leluhur Prof Supandi berasal dari Desa Tlutup, Juwana, Pati, Jawa Tengah yang bernama Ki Tirtoleksono.

Sebagai buku biografi, buku ini memang sangat menarik pembaca karena gaya penulisannya yang bak novel dan kisah hidup yang terkandung di dalamnya penuh pesan dan makna kehidupan yang mendalam. Gubernur Sumatera Utara, Letjen (Purn) TNI Edy Rahmayadi mengatakan buku ‘Bocah Kebon Dari Deli” menceritakan kisah yang benar-benar menyentuh hati.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini