Kejatuhan Terbesar di Dunia! Kekayaan Pemilik Raksasa e-Commerce China Ini Turun Lebih dari Rp384 T

Kejatuhan Terbesar di Dunia! Kekayaan Pemilik Raksasa e-Commerce China Ini Turun Lebih dari Rp384 T Kredit Foto: Twitter/africachinapre2

Pendiri platform e-commerce China Pinduoduo Inc., Colin Huang telah kehilangan lebih banyak kekayaan tahun ini daripada siapa pun di dunia.

Kekayaan Huang telah turun lebih dari USD27 miliar (Rp384,7 triliun), menurut Bloomberg Billionaires Index. Kejatuhan ini datang setelah saham perusahaannya jatuh karena China menindak raksasa internet.

Penurunan kekayaan Huang menjadi yang terbesar di antara 500 anggota indeks, jauh lebih besar daripada kerugian sekitar USD16 miliar (Rp227 triliun) oleh Ketua Grup Evergrande China, Hui Ka Yan, yang kerajaan real estatnya berjuang melunasi utang.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Niels Peter Louis-Hansen, Miliarder Alat Medis, Gak Aneh Hartanya Segini!

Dilansir dari Bloomberg di Jakarta, Jumat (17/9/21) ini adalah contoh paling nyata dari gelombang perubahan kelas miliarder China usai Presiden Xi Jinping menyerukan “kemakmuran bersama” serta mengendalikan perusahaan-perusahaan sektor swasta negara itu.

Saham Pinduoduo, atau PDD, telah jatuh lebih banyak tahun ini daripada Alibaba Group Holding Ltd. atau Tencent Holdings Ltd.

"PDD lebih rentan terhadap tindakan keras dibandingkan dengan rekan-rekan dengan model yang matang dan menguntungkan seperti Alibaba dan Tencent," kata Kenny Ng, ahli strategi sekuritas di Everbright Sun Hung Kai Co di Hong Kong. “Itulah alasan utama kinerja saham tertinggal dari perusahaan teknologi lainnya.”

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini