Transportasi Jadi Sektor Vital Cegah Penyebaran Covid-19, Kemenhub: Perlu Sinergi Semua Pihak

Transportasi Jadi Sektor Vital Cegah Penyebaran Covid-19, Kemenhub: Perlu Sinergi Semua Pihak Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Juru bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan sektor transportasi merupakan sektor paling vital dalam mencegah penyebaran Covid-19. Pasalnya, transportasi merupakan medium bagi mobilitas masyarakat.

Oleh karena itu, ia menilai perlu adanya kerja sama seluruh pemangku kepentingan agar tiap kebijakan dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Cegah Kluster Covid, 500 Relawan Diterjunkan di PON Papua

"Kuncinya kolaborasi. Sinergi kolaborasi yang selalu kita lakukan dengan format-format koordinasi setiap minggu atau bahkan setiap hari," ujar Adita dalam dialog virtual Media Center KPCPEN, Rabu (15/9/2021).

Adita menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholders terkait agar dapat membuat kebijakan yang sesuai dengan kondisi di lapangan. Misalnya, Kemenhub berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19, Kementerian Dalam Negeri, hingga Kementerian Kesehatan untuk mendapat rujukan dalam pengambilan keputusan kebijakan syarat perjalanan.

Selain itu, Kemenhub juga berkoordinasi dengan TNI dan Polri dalam hal penjagaan, operator sarana dan prasarana transportasi, hingga para ahli epidemiologi untuk meminta pendapat mereka.

Adita sekali lagi menekankan, koordinasi terkait terkait transportasi perlu dukungan semua pihak, termasuk masyarakat. "Tentunya butuh dukungan dari semua pihak, terutama dari operator. Kemudian juga masyarakat sebagai penumpang karena pemerintah tidak bisa berjalan sendiri," tuturnya.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini