Capres Paling Favorit Prabowo Dikasih Saran Lirik Indonesia Timur Tuh!

Capres Paling Favorit Prabowo Dikasih Saran Lirik Indonesia Timur Tuh! Kredit Foto: Instagram/Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto difavoritkan dalam setiap survei terkait bursa Calon Presiden (Capres) 2024.

Partai berlambang Kepala Garuda itu mengaku, sama sekali tak kaget dengan penilaian tersebut. Sebab, sang ketua umum diklaim sebagai pribadi yang total bekerja untuk rakyat. “Wajar banget bila Pak Prabowo masih terus dicintai rakyatnya,” ujar Ketua DPP Partai Gerindra, Vasco Ruseimy kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca Juga: Gerindra Incar Kemenangan Mutlak Prabowo di Pemilu 2024

Menurutnya, ketika Prabowo menjadi Menteri Pertahanan, telah mewujudkan beragam janji politiknya di sektor pertahanan. Misalnya, pengadaan alutsista baru.

Mantan politisi Partai Beringin Karya (Berkarya) ini mengungkapkan, sampai saat ini belum diputuskan, siapa jagoan Gerindra di Pilpres 2024. Sebab, Prabowo ingin seluruh kader mengutamakan turun membantu rakyat melawan pandemi Covid-19.

Keputusan capres atau pun cawapres dari Gerindra melalui penjaringan aspirasi seluruh kader, dan melalui mekanisme rapat-rapat partai. “Pemilu masih jauh, Bro. Sampai saat ini belum ada tuh,” pungkasnya.

Sepekan ini, tiga lembaga survei yaitu Survey and Polling Indonesia (Spin), Arus Survei Indonesia (ASI), dan Survei Index Indonesia (SSI) kompak menyebut Prabowo Subianto sebagai jagoan terkuat menuju Pilpres 2024.

Spin menyebut, tingkat keterpilihan atau elektabilitas Prabowo Subianto sebagai Capres Pilpres 2024 mencapai 21,9 persen. ASI 10,2 persen, dan SII dengan 37,0 persen.

 

Dalam survei SSI, menyoroti kecenderungan pemilih di wilayah Pamasuka, yakni wilayah Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan dengan jumlah pemilih kurang lebih 30 juta orang.

Direktur Eksekutif Index Indonesia, Agung Prihatna mengatakan, Pamasuka adalah wilayah elektoral penting dan strategis yang dalam dua periode pemilihan sebelumnya merupakan daerah yang menjadi kunci kemenangan Jokowi, baik ketika berpasangan dengan Jusuf Kalla maupun Ma’ruf Amin.

Menurutnya, berdasarkan hasil survei, terdapat tiga bakal calon presiden yang memiliki elektabilitas tertinggi, yakni Prabowo Subianto dengan 37,0 persen, disusul Anies Baswedan 31,9 persen dan Ganjar Pranowo 25,5 persen.

Sedangkan untuk 3 besar bakal calon wakil presiden ditempati Agus Yudhoyono 55,5 persen yang merepresentasikan Jawa, disusul Muhaimin Iskandar yang juga berasal dari Jawa sebesar 15,3 persen dan Andi Amran Sulaiman 9,3 persenyang merepresentasikan Indonesia timur. Selain itu, juga terdapat nama Tito Karnavian, figur yang mewakili Sumatera.

Survei ini dilakukan dari 22 hingga 31 Agustus 2021 dengan responden 1000 orang. Margin of error survei ini sebesar 3,3 persen, dan mengklaim memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan multistage random sampling.

“Dengan jumlah pemilih sekitar 30 juta, wilayah Pamasuka menjadi penting dalam perebutan suara. Siapa yang mampu merebut suara di wilayah ini dinilai akan mulus memenangkan pertarungan Pilpres,” kata Agung, Jumat (10/9) lalu.

Yang menarik, dari survei ini adalah mencuatnya nama Andi Amran Sulaiman (AAS), yang dinilai merupakan calon wakil presiden yang paling berkontribusi dalam menyumbang suara dan mengangkat elektabilitas ketika dipasangkan dengan calon presiden terkuat lainnya, seperti Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo.

“Bila ingin menang, sebaiknya melirik kawasan Timur Indonesia, dan memilih calon pendamping yang memiliki potensi kontribusi paling besar dalam mendulang suara,” ujarnya. [BSH]

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini