Maksimalkan Potensi Difabel Gresik dengan Pelatihan Sablon

Maksimalkan Potensi Difabel Gresik dengan Pelatihan Sablon Kredit Foto:

Tak hanya pandai menjahit, para anggota Komunitas Tuli Gresik (Kotugres) kini menambah skill mereka dengan belajar menyablon. PT Pertamina (Persero) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan oleh Subholding Gas lewat afiliasinya, PT Pertamina Gas (Pertagas) memberikan kegiatan pelatihan sablon bagi Kotugres pada hari Kamis (02/09/2021).

Kegiatan pelatihan di gedung UPT Layanan Pendidikan ABK Gresik ini berlangsung selama enam jam. Para peserta pelatihan diberikan berbagai ilmu yaitu pengenalan dasar-dasar sablon, cara membuat desain sablon, analisa usaha sablon dan praktek sablon di berbagai media. Untuk pelatihan perdana, para peserta menggunakan media kaos dalam belajar menyablon.

Aruf, salah satu peserta pelatihan mengaku sangat senang mendapat kesempatan belajar hal baru. Dia mengaku sangat tertarik karena kali pertama dia belajar sablon. Dia juga juga senang karena bisa bertemu dan kenalan dengan teman tuli dan teman dengar di acara tersebut. 

Kegiatan pelatihan menyablon diikuti oleh sepuluh anggota Kotugres yang berasal dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Gresik, dihadiri oleh Manager Operation East Java Area Pertagas, Gagan Suryanagara dan Kepala UPT Layanan Pendidikan ABK Dinas Pendidikan Kab. Gresik, Innik Hikmatin.

Dalam sambutannya, Gagan menyampaikan, penting bagi UMKM untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan pasar. Kegiatan pelatihan menyablon ini penting diadakan untuk menyesuaikan dengan permintaan pasar, sehingga Kotugres dapat bersaing di dunia usaha. 

Sementara itu, Innik Hikmatin menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan Pertagas pada komunitas tuli di Gresik. Dia berharap kegiatan tersebut bisa menguatkan sinergi antara berbagai pemangku kepentinga. 

Guna memastikan keberlanjutan dari pelatihan ini, Pertagas akan mengadakan pelatihan yang kedua dengan materi pembelajaran menyablon di media mug/gelas dan materi pendampingan usaha sablon. Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini betujuan mengantarkan Kotugres selangkah lebih dekat menuju kemandirian. 

Sebagai penerima manfaat dari program CSR Pertagas East Java Area, Kotugres memulai usahanya dengan pelatihan desain busana dan menjahit pada tahun 2019. Kini, Kotugres telah mengenalkan produk-produknya lewat Mobil Galeri Keliling dari Pertagas untuk memperluas pemasaran dan menjangkau konsumen yang lebih luas.

Program ini menjadi aksi nyata untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Pertagas turut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, menciptakan kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua, termasuk kaum difabel.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini