Kisah Orang Terkaya: Ann Walton Kroenke, Istri Pemilik Arsenal, Pewaris Raksasa Ritel Walmart

Kisah Orang Terkaya: Ann Walton Kroenke, Istri Pemilik Arsenal, Pewaris Raksasa Ritel Walmart Kredit Foto: Money Inc/Ann Walton Kroenke

Pewaris raksasa ritel Walton, Ann Walton Kroenke ialah istri dari pemilik Arsenal, Stan Kroenke. Ann termasuk ke dalam salah satu orang terkaya di dunia. Saat ini, dia memiliki Denver Nuggets dari National Basketball Association (NBA) dan Colorado Avalanche dari National Hockey League.

Ayahnya adalah James "Bud" Walton, saudara laki-laki dan mitra bisnis awal pendiri Walmart, Sam Walton. Ann mewarisi sebagian saham Bud di Walton setelah meninggal pada tahun 1995. Meski demikian, Ann tidak aktif dalam kegiatan perusahaan.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Gurbachan Singh Dhingra, Sulap Bisnis Terkecil Jadi Raksasa Cat India

Suaminya, Stan Kroenke, adalah pemilik mayoritas dan CEO Los Angeles Rams (NFL), Arsenal (Premier League), Colorado Rapids (Major League Soccer), dan Colorado Mammoth (National Lacrosse League). Ann memiliki Avalanche and Nuggets untuk memenuhi batasan kepemilikan NFL yang melarang pemilik tim memiliki tim di pasar lain.

Pada tahun 1962, ayah dan paman Ann Walton Kroenke mendirikan toko Walmart pertama di Arkansas. Pada tahun 1969, perusahaan pun didirikan. Hingga tiga tahun kemudian, Walmart diperkenalkan di Bursa Efek New York pada tahun 1972.

Kesuksesan mereka tak instan, butuh waktu sekitar 26 tahun untuk menjadi pengecer paling menguntungkan di AS. Hingga kini, perusahaan memiliki 12.000 toko dan klub di 27 negara, berjalan di bawah 55 nama yang berbeda.

Ann Walton memiliki kekayaan bersih pribadi mencapai USD9,3 miliar (Rp132 triliun). Ann Walton bertemu Stan Kroenke selama perjalanan skinya ke Aspen, Colorado. Mereka menikah pada tahun 1974 dan memiliki dua anak, Whitney dan Josh.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini