Top CSV Award 2021, Ajang Perusahaan Tingkatkan Program CSV

Top CSV Award 2021, Ajang Perusahaan Tingkatkan Program CSV Kredit Foto:

Konsep tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR) kini dikembangkan menjadi Creating Shared Values (CSV). Konsep ini diartikan sebagai CSR berkelanjutan dari perusahaan yang tidak hanya fokus pada dampak sosial, tapi juga berdampak bagi perusahaan.

Di Indonesiaa sendiri, konsep CSV tersebut diterapkan sebagai keunggulan kompetitif dengan cara memasukkan masalah sosial sebagai bahan dalam merancang strategi perusahaan. Sebab melalui CSV perusahaan memainkan peran ganda untuk menciptakan nilai sosial dan ekonomi secara bersama-sama, untuk memberikan solusi terhadap persoalan sosial, lingkungan dan perusahaan.

Berangkat dari hal tersebut diatas, INFOBRAND.ID, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga menghadirkan TOP CSV Award 2021 untuk menilai dan memberikan penghargaan kepada perusahaan yang berhasil menjalankan CSV.

Dalam hal ini, Dr. Gancar Candra Premananto, CDM, Head of Management Department, FEB, Universitas Airlangga mengatakan, TOP CSV Award 2021 merupakan sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atau brand yang telah berhasil menjalankan program “creating share value”.

Menurutnya, pemberian penghargaan tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan  yang telah berhasil menjalankan program CSV untuk membangun keunggulan kompetitif perusahaan di Indonesia. TOP CSV Award juga diharapkan dapat meningkatkan citra, reputasi dan kepercayaan terhadap perusahaan dimata konsumen dan calon konsumen.

“Dan kami berharap penghargaan ini dapat mendorong brand atau perusahaan di Indonesia untuk semakin meningkatkan program CSV yang akan berdampak positif bagi lingkungan social dan perusahaan,” jelas Gancar yang juga sebagai Senior Konsultan & Mentor CSV.

Selanjutnya, untuk menentukan pemenang Top CSV Award 2021, penyelenggara melakukan pengumpulan data melalui desk research dan pendaftaran. Selanjutnya penyelenggara melakukan seleksi awal dan dilanjutkan dengan proses penjurian.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menjelaskan, adapun penilaian yang digunakan mengacu kepada tiga aspek; CSV Concept Aspect, CSV Impact Aspect dan CSV Branding Aspect.

Lebih lanjut Tri menjelaskan, CSV Concept Aspect (Bobot 30%), Menilai konsep CSV yang diterapkan oleh perusahaan atau brand sebagai keunggulan kompetitif dengan cara memasukan masalah sosial sebagai bahan merancang strategi perusahaan.

CSV Impact Aspect (Bobot 50%), menilai dampak positif yang ditimbulkan dari kegiatan CSV baik untuk masyarakat mapun perusahaan. Dan CSV Branding Aspect (Bobot 20%), mengukur banyaknya Ulasan & Pemberitaan terkait kegiatan CSV yang dilakukan oleh perusahaan melalui media digital dan atau dinilai berdasarkan presentasi kegiatan branding program CSV yang dilakukan.

Adapun untuk penjurian dilakukan oleh Tri Raharjo selaku CEO TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan Brand di Indonesia. Dr. Gancar C Premananto – Head of Management Department FEB Universitas Airlangga, sekaligus Senior Consultant & Mentor CSV. Dan Drs. Mas Achmad Daniri, MEc – Pakar Good Corporate Gevernance (GCG) dan Penulis Buku Lead By CSV.

“Dewan Juri akan melakukan penilaian berdasarkan skala likert,” jelas Tri.

Adapun kriteria penilaian yang digunakan adalah, perusahaan atau Brand peraih penghargaan TOP CSV Award 2021 dinilai telah memenuhi 3 kriteria penilaian; Perusahaan atau brand dinilai oleh Dewan Juri memiliki program Creating Share Value (CSV). Perusahaan atau brand pemenang TOP CSV Award mempresentasikan program CSV dihadapan dewan Juri. Berdasarkan penilaian dewan juri pemenang TOP CSV Award memiliki skor akhir minimal 4 poin.

Sementara itu, Susilowati Ningsih, selaku CEO INFOBRAND Group menambahkan, untuk mendukung penghargaan tersebut, media INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia melakukan pengumpulan data program CSV melalui digital media monitoring terhadap program CSR perusahaan yang dinilai memiliki unsur creating share value.

Selain itu INFOBRAND.ID juga melakukan publikasi kegiatan TOP CSV Award melalui berbagai channel baik website, media sosial, media masa, iklan, e-mail dan mengundang perusahaan BUMD, BUMN dan Swasta untuk mengikuti kegiatan TOP CSV Award.

Untuk proses seleksi, lanjut Susi, Tim riset melakukan media monitoring terhadap program CSV dan melalui pendaftaran melalui Tim INFOBRAND.ID, TRAS N CO Indonesia dan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga melakukan seleksi awal untuk memilih perusahaan atau brand untuk diundang melakukan presentasi dihadapan Dewan Juri.

“Dewan Juri melakukan penilaian berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Dan terakhir, Dewan Juri menetapkan pemenang TOP CSV Award 2021,” tutup Susi.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini