Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Accenture: Peluncuran Teknologi Cloud Terbaru, Percepat Transformasi Digital dan Ekosistem Startup

Accenture: Peluncuran Teknologi Cloud Terbaru, Percepat Transformasi Digital dan Ekosistem Startup Kredit Foto: REUTERS/Albert Gea
Warta Ekonomi, Jakarta -

Accenture hari ini mengumumkan peresmian Accenture Innovation Centre for Cloud Indonesia (AICCI). Peresmian ini sendiri berkomitmen untuk membantu organisasi-organisasi di segala bidang industri agar bertransformasi menjadi bisnis berbasis cloud first.

Menurut Country Managing Director Accenture di Indonesia, Kher Tean Chen, AICCI menggarisbawahi komitmen perusahaan demi mempercepat pengembangan dan transformasi digital dari ekosistem startup yang berkembang pesat, perusahaan, dan lembaga pemerintahan.

Baca Juga: Bio Farma dan Google Cloud Indonesia Sepakati MoU Kerja Sama Transformasi Digital Healthcare

"Dengan fasilitas yang direncanakan pada fase berikutnya, AICCI akan memaksimalkan teknologi cloud untuk membangun solusi kreatif dan inovatif terbaru dalam perjalanan cloud organisasi," jelas Kher Tean Chen dalam media virtual Kamis (26/8/2021).

Nantinya, pengguna dapat mengevaluasi kelayakan dan keamanan layanan cloud-first dengan cepat yang disesuaikan untuk kebutuhan spesifik mereka dan dapat diakses melalui katalog studi kasus yang telah teruji. Selain itu, pengguna dapat sekaligus memanfaatkan kolaborasi dengan ekosistem mitra teknologi yang luas untuk membantu menurunkan biaya, meningkatkan keamanan, ketangkasan dan fleksibilitas.

"Di era transformasi saat ini, cloud adalah satu-satunya alat terkuat yang harus dimiliki sebuah organisasi untuk dapat menguasai perubahan," ucap Kher Tean Chen.

Selanjutnya, Kher Tean Chen menambahkan, Accenture Innovation Centre for Cloud Indonesia menyatukan pengetahuan teknis mendalam dan keahlian industri Accenture, tentunya untuk membantu perusahaan-perusahaan mengadopsi cloud dalam rangka mentransformasi sistem operasional mereka.

"Di saat inovasi-inovasi melaju dengan sangat pesat, kami memperluas kolaborasi dengan mitra cloud terkemuka untuk memberdayakan klien kami dengan kecepatan dan ketangkasan bisnis yang mereka butuhkan. Khusunya untuk mencapai efisiensi biaya, ketahanan bisnis, pengalaman baru, dan operasional yang dibutuhkan di masa depan," imbuhnya.

Hadir juga Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan jika cloud berperan penting dalam akselerasi transformasi digital Indonesia dan perkembangannya sangat membantu dalam memajukan perekonomian digital nasional.

"Kami mengapresiasi inisiatif Accenture dalam membangun Accenture Innovation Centre for Cloud in Indonesia dan berharap investasi Accenture ini dapat membantu peningkatan kapasitas SDM Indonesia khususnya di bidang teknologi cloud dan membawa kita lebih dekat kepada Indonesia 4.0," ucap Samuel.

Untuk diketahui, pandemi telah mendorong cloud untuk berevolusi menjadi sebuah strategi pengembangan yang penting bagi banyak perusahaan dan pemerintahan di Asia Tenggara. Menurut IDC, pasar cloud di Asia Tenggara diperkirakan akan tumbuh pada CAGR (Compound Annual Growth Rate) sebesar 18,9% pada 2020-2024.

Strategi Cloud-First Accenture yang ditawarkan kali ini ditujukan untuk mengakselerasi bisnis di dunia digital. Sebuah inovasi yang mempercepat proses satu dekade menjadi hanya tiga tahun. Perubahan ini disebabkan banyak perusahaan telah menyadari pentingnya adopsi cloud untuk dapat bertahan menghadapi tantangan di masa depan.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan