Ditekan Xi Jinping, Raksasa Teknologi China Janji Donasi Laba Kuartal Terakhir demi Rakyat Makmur

Ditekan Xi Jinping, Raksasa Teknologi China Janji Donasi Laba Kuartal Terakhir demi Rakyat Makmur Kredit Foto: Twitter/africachinapre2

Salah satu perusahaan teknologi terbesar China, Pinduoduo yang dimiliki oleh Colin Huang telah berjanji untuk menyerahkan seluruh keuntungannya pada kuartal terakhir untuk proyek-proyek pembangunan pedesaan di negara itu. Sebagaimana diketahui, Beijing belakangan ini telah meningkatkan tekanan untuk redistribusi kekayaan.

Adapun jumlahnya, Pinduoduo janjikan USD371 juta yang dibuatnya dalam tiga bulan untuk pengembangan sektor pertanian dan daerah pedesaan China. Totalnya, mereka berharap bisa berdonasi 10 miliar yuan (Rp21,6 triliun) untuk tujuan tersebut.

Baca Juga: Miliarder China Tertekan Dipaksa Sedekah, Xi Jinping Cuma Mau Rakyat Makmur dan Sejahtera

"Ini adalah tugas penting dan menantang, yang akan kami investasikan dengan sabar," ujar Chen Lei, ketua dan CEO Pinduoduo sebagaimana dikutip dari CNN Business di Jakarta, Kamis (26/8/21).

Pinduoduo tidak pernah membayar dividen sejak terdaftar tiga tahun lalu. Tetapi sahamnya telah meningkat lebih dari tiga kali lipat, memberikan pengembalian yang bagus kepada pemegang saham. Saham perusahaan melonjak 22% di New York usai laba kuartal ketiga diumumkan.

Langkah donasi oleh Pinduoduo mengikuti janji amal serupa yang dibuat oleh perusahaan internet dan game Tencent untuk mencapai tujuan Beijing "kemakmuran bersama" bagi semua orang. Perusahaan mengatakan akan mendukung peningkatan pendapatan bagi masyarakat miskin dan mengatasi ketimpangan pendidikan, di antara inisiatif lainnya.

Kkemakmuran bersama adalah frasa yang historis di China. Baru-baru ini kalimat itu digunakan oleh Presiden Xi Jinping saat menjanjikan dorongan baru untuk mendistribusikan kembali kekayaan di negara itu.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini