Terima PMN, Waskita Karya Kebut Selesaikan 7 Ruas Tol

Terima PMN, Waskita Karya Kebut Selesaikan 7 Ruas Tol Kredit Foto: Dok. Waskita Karya

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mendapatkan suntikan modal atau Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp7,9 triliun. Suntikan modal ini akan digunakan untuk merampungkan proyek tujuh ruas tol.

“PMN ini akan sepenuhnya digunakan untuk melanjutkan pembangunan pada enam ruas tol di pulau Jawa dan satu ruas di pulau Sumatera,” kata President Director Waskita, Destiawan Soewardjono di Jakarta, kemarin.

Baca Juga: Waskita Karya Garap Proyek Ruang Perawatan Covid-19

Dia mengatakan penyelesaian tujuh ruas tersebut sangat penting. Karena proyek, itu akan meningkatkan arus pergerakan barang dan manusia. Sehingga menciptakan dampak positif bagi pertumbuhan perekonomian di daerah.

Destiawan merincikan, ketujuh ruas tersebut yakni proyek ruas  tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu, Tol Cimanggis – Cibitung, Tol Ciawi – Sukabumi, Tol Pejagan – Pemalang dan Tol Pasuruan – Probolinggo. Selanjutnya ruas tol Krian – Legundi – Bunder – Manyar dan Tol Kayu Agung – Palembang – Betung.

Menurutnya jika proyek itu selesai, konektivitas dari kawasan produksi ke kawasan distribusi akan semakin meningkat.  Selain itu,memudahkan akses ke daerah pariwisata dan membuka akses ke kawasan ekonomi baru.

“Proyek pembangunan ruas tol juga akan membawa dampak langsung dengan penyerapan tenaga kerja konstruksi dan pemberdayaan pemasok lokal serta UMKM,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Waskita sepanjang Semester I tahun ini, setiap harinya sebanyak 97.000 kendaraan yang memanfaatkan tujuh ruas tol tersebut.

Jumlah kendaraan yang menggunakan tujuh ruas tersebut diperkirakan akan meningkat signifikan setelah diselesaikannya seluruh seksi tol dan seiring dengan pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19.

 “Saat ini kebutuhan infrastruktur semakin besar, terutama untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi. Untuk itu kami terus berkomitmen mendukung Pemerintah dalam mengakselerasi pembangunan infrastruktur,” pungkasnya.

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini