Kisah Orang Terkaya: Ernesto Bertarelli, Lulusan Harvard Berbisnis Farmasi hingga Kantongi Rp123 T

Kisah Orang Terkaya: Ernesto Bertarelli, Lulusan Harvard Berbisnis Farmasi hingga Kantongi Rp123 T Kredit Foto: Entrepreneurship/Babson.edu

Salah satu orang terkaya di dunia, Ernesto Bertarelli adalah pengusaha asal Swiss yang lahir di Italia. Kekayaan diperkirakan mencapai USD8,6 miliar (Rp123 triliun). Dia adalah CEO Serono, perusahaan farmasi, sebelum akhirnya dijual ke Merck. Saat ini, Ernesto Bertarelli adalah co-chairman dari Bertarelli Foundation, ketua grup Waypoint Capital.

Ernesto Bertarelli lahir pada 22 September 1965 di Roma, Italia, dari pasangan Fabio Bertarelli dan Maria Iris. Dia adalah anak tertua dari orang tuanya dan memiliki saudara perempuan bernama Dona.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Xu Shihui, Penjual Makanan Ringan yang Jadi Miliarder Dunia

Ernesto Bertarelli kuliah di Babson College di Boston, Massachusetts, dengan gelar Bachelor of Science pada tahun 1989. Dia kemudian mendaftar ke Harvard Business School dan memperoleh gelar MBA dari sana pada tahun 1993.

Kakeknya, Pietro Bertarelli dan Cesare Serono mendirikan Serono pada tahun 1906 di Italia dan menjadi Managing Director pada tahun 1935. Perusahaan farmasi ini mencapai kemakmuran dengan terobosan dalam perawatan infertilitas pada tahun 1960-an.

Ernesto kemudian menemukan cintanya untuk berlayar di Yatch setelah pindah di dekat Danau Jenewa. Hobi barunya itu akhirnya menjadi passionnya, dia pun pernah mengikuti kompetisi Yacht. Dia belajar alat-alat perdagangan dari ayahnya, menemaninya dalam perjalanan bisnis sejak usia 10 tahun.

Pada tahun 1985, Ernesto Bertarelli memulai karirnya dengan Serono dengan memegang beberapa posisi di departemen penjualan dan pemasaran perusahaan. Beliau menjabat sebagai Deputy CEO selama lima tahun sebelum menggantikan ayahnya sebagai CEO Serono pada tahun 1996.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini