IDI Sumut Latih Relawan Dokter Melalui Layanan Telemedicine

IDI Sumut Latih Relawan Dokter Melalui Layanan Telemedicine Kredit Foto: Khairunnisak Lubis

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumut dan Medan melatih relawan dokter yang terlibat mendampingi masyarakat melalui layanan Telemedicine. Sebab, para relawan dokter akan melakukan pemantauan keadaan kesehatan masyarakat bergejala atau terkonfirmasi Covid-19. 

Ketua IDI Sumut dr Ramlan Sitompul SpTHT-KL (K) mengatakan program ini kerja sama antara IDI Sumut, IDI Medan, USU, Pemko Medan, Satgas Covid-19 Provinsi Sumut. Kemudian acara dibuka oleh Rektor Universitas Sumatera Utara, Pak Muryanto, dengan narasumber 7 orang.Baca Juga: Ibu-Ibu Wajib Tahu! Dokter Ini Ingatkan Akan Bahaya BPA

"Dengan adanya layanan Telemedicine ini rujukan ke rumah sakit bisa terkendali. Para relawan dokter yang terlibat nantinya, akan memantau perkembangan pasien Covid-19 yang memanfaatkan layanan Telemedicine ini," katanya, Kamis (19/8/2021). 

Misalkan ada pasien Covid-19 Isoman, setidaknya dapat dipantau perkembangannya pagi dan sore. 

"Jika semakin berat, kita fasilitasi untuk mendapatkan layanan di RS, jadi jangan mengantre di RS semua," katanya.

Program Telemedicine ini akan terus dievaluasi agar bisa lebih baik lagi layanannya kepada masyarakat. Baca Juga: Rela Jadi Wapresnya Mas Anies Tanpa Digaji, Mas Novel Nanti ke Dokter Gigi Bayarnya Pakai Apa?

"Kita harapkan masyarakat nanti mengakses sistem ini. Kita harapkan sistem ini terkoneksi semua pelaku kesehatan. Artinya, semua fasilitas kesehatan terkoneksi sistem ini. Nanti akan ada link yang kita bagikan ke masyarakat," ujarnya.

Pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan BPJS Kesehatan guna mendukung sistem layanan Telemedicine tersebut.

"Kita juga sudah menjajaki dengan teman-teman di BPJS Kesehatan untuk mendukung sistem kita ini, karena kita tahu sistem mereka bagus. Pada prinsipnya mereka oke, kita sudah ada komunikasi untuk menyatukan sistem, tapi itu nanti kedepannya, sambil evaluasi, karena kita sudah buat sistem kita sendiri dari tim dari Teknologi Informasi USU," katanya.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini