Pacu Tren Insurtech, MNC Kapital Indonesia Luncurkan MotionInsure di Bawah Ekosistem Motion

Pacu Tren Insurtech, MNC Kapital Indonesia Luncurkan MotionInsure di Bawah Ekosistem Motion Kredit Foto: MNC Group

PT MNC Life Assurance (MLIFE), yang sepenuhnya dimiliki oleh PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melakukan rebranding aplikasi asuransi digitalnya (insurtech) yang sebelumnya bernama Hario menjadi MotionInsure. Hal ini dilakukan untuk memperkuat integrasi digital di portofolio BCAP di bawah ekosistem Motion yang saat ini meliputi MotionBanking (aplikasi layanan perbankan digital) dan MotionPay (platform e-money, e-wallet, dan transfer digital).

Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, menuturkan bahwa versi terbaru dari MotionInsure akan semakin mengatalisasi tren positif dalam lanskap industri asuransi yang bertransformasi cepat di Indonesia, mendorong munculnya ruang teknologi asuransi yang berkembang pesat.

“Kami dengan bangga memperkenalkan MotionInsure sebagai anggota baru dalam payung brand Motion di bawah MNC Financial Services. Memperhitungkan ekosistem bisnis kami yang ekstensif mencakup pilar industri utama mulai dari media, jasa keuangan, entertainment hospitality, e-commerce dan bisnis digital lainnya, ditambah dengan inovasi yang akan datang seperti big data, dan teknologi AI yang dikembangkan MNC Group, kami yakin MotionInsure bisa memberi banyak manfaat bagi para konsumen dan warna di tengah maraknya tren insurtech di Indonesia,"kata Hary dalam acara Launching Rebranding MotionInsure yang digelar secara virtual, Jakarta, Rabu (18/8/2021). 

Baca Juga: Bank MNC Incar Dana Rp4,5 Triliun dari Rights Issue

"Dengan teknologi Open API, MotionInsure mampu terkoneksi secara seamless dengan berbagai ekosistem yang tentunya akan membuka kesempatan berkembang selebar-lebarnya untuk MotionInsure. Di bawah payung brand Motion, MNC Kapital memiliki solusi keuangan digital yang lengkap dan terintegrasi. Mendukung agenda program inklusi keuangan pemerintah, kami percaya bahwa Motion akan membawa solusi cerdas bagi masyarakat Indonesia menuju pengelolaan keuangan yang lebih baik,” ujar lebih lanjut Hary Tanoesoedibjo.

Akselerasi digitalisasi akibat pandemi COVID-19 juga membuka beberapa peluang untuk menginformasikan, mengedukasi, dan menjangkau konsumen serta pelaku bisnis tentang kebutuhan dan manfaat inklusi dalam industri asuransi.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total premi yang dibukukan platform insurtech mencapai Rp 811,71 miliar pada tahun 2020, atau setara dengan 3-4% dari total premi yang dibukukan industri asuransi secara keseluruhan.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK, Riswinandi Idris juga beranggapan bahwa di balik porsi insurtech yang masih relatif kecil justru menunjukkan prospek luar biasa, di mana pemanfaatan teknologi informasi menyediakan akses bagi perusahaan asuransi untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Rekomendasi Asuransi Kesehatan Premi Terjangkau

Saat ini, MotionInsure hadir dengan tiga produk unggulan yaitu MotionSure Safe untuk resiko kecelakaan diri, MotionSure Health yang memberikan perlindungan kesehatan dan MotionSure Safe Pro untuk asuransi jiwa. MotionInsure juga sedang mengembangkan berbagai produk untuk melengkapi penawarannya seperti pendidikan (MotionSure Education), pensiun (MotionSure Pension), dan proteksi COVID-19.

Bersamaan, kenyamanan pengguna MotionInsure juga terus ditingkatkan dengan penambahan fitur-fitur seperti e-Card AdMedika yang dapat diakses langsung dari aplikasi dan fitur telemedicine menggunakan chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI).

Sesuai dengan persetujuan OJK, MotionInsure (melalui izin broker asuransi) juga akan menyediakan produk asuransi non jiwa/umum seperti rumah tinggal (MotionSure Home), mobil (MotionSure Car), kecelakaan diri untuk keluarga (MotionSure Family), smartphone (MotionSure Gadget), perjalanan internasional (MotionSure International Travel), perjalanan domestik (MotionSure Domestic Travel), dan penerbangan (MotionSure Flight).

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini