Rusia dan Ribuan Tentara Sekutu Asia Tengah Gelar Latihan Militer di Dekat Afghanistan

Rusia dan Ribuan Tentara Sekutu Asia Tengah Gelar Latihan Militer di Dekat Afghanistan Kredit Foto: PLA/Wang Huawei/Wang Tao/Zhou Huancheng

Pasukan dari Rusia, Tajikistan dan Uzbekistan pada Selasa (10/8/2021) mengakhiri latihan mereka yang dimaksudkan untuk mensimulasikan tanggapan bersama terhadap potensi ancaman keamanan yang datang dari Afghanistan.

Dilansir Associated Press, Jumat (13/8/2021), latihan perang yang dimulai pekan lalu melibatkan 2.500 tentara Rusia, Tajik dan Uzbekistan serta sekitar 500 kendaraan militer.

Baca Juga: Bagaimana Taliban Menguasai Afghanistan Begitu Cepat? Periksa Kekuatannya, Secara Teori...

Latihan, yang diadakan di jarak tembak Harb-Maidon sekitar 20 kilometer (sekitar 12 mil) utara perbatasan Tajik dengan Afghanistan, melihat pasukan berlatih tindakan melawan militan yang menyerang. Sebagai bagian dari latihan, jet serang Su-25 Rusia menyerang target tiruan yang meniru kendaraan militan.

Militer Rusia mengatakan bahwa manuver itu dilakukan “dengan latar belakang ketidakstabilan situasi di negara tetangga Afghanistan, dalam rangka mengatasi masalah-masalah untuk menangkis kemungkinan ancaman dan interaksi praktis untuk memastikan keamanan dan menjaga stabilitas di kawasan Asia Tengah.”

Disebutkan bahwa pasukan Rusia di Tajikistan berlatih menggunakan senjata baru selama latihan, termasuk senapan sniper baru dan pelempar api.

Rusia, yang memiliki pangkalan militer di Tajikistan, telah berjanji untuk menawarkan bantuan militer kepada sekutunya dan negara-negara Asia Tengah bekas Soviet lainnya jika mereka menghadapi serbuan militan dari Afghanistan.

Tiga negara Asia Tengah—Kazakhstan, Kirgistan, dan Tajikistan—adalah anggota pakta keamanan yang didominasi Moskow dari beberapa negara bekas Soviet, Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini