Kualitas Pemuda Harus Dibenahi!

Kualitas Pemuda Harus Dibenahi! Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Peran pemuda khususnya yang tergabung dalam organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) harus lebih ditingkatkan lagi dalam berkontribusi terhadap pembangunan. Keberadaan generasi penerus ini tidak boleh hanya menjadi simbol saja sehingga program-programnya harus konkret dan terealisasi.

Hal ini menjadi bahasan utama dalam diskusi yang dilakukan organisasi kepemudaan keluarga besar TNI/Polri dengan calon ketua umum KNPI Jawa Barat, Ridwansyah Yusuf Achmad, di Bandung, Rabu sore (4/8/2021) Dalam kesempatan itu, FKPPI, Pemuda Panca Marga (PPM) dan Mahawarman mendeklarasikan dukungan terhadap Yusuf. Baca Juga: Soal Penganiayaan di Papua, Ketegasan KSP, Panglima TNI, KASAU Diapresiasi KNPI

Sekretaris PPM Jawa Barat, Jubaedi Coerdian menilai selama ini keterlibatan pemuda termasuk yang tergabung dalam KNPI belum maksimal sehingga program-programnya belum terasa masyarakat. Bahkan, selama ini organisasi tersebut hanya menjadi pelengkap saja.

Hal ini, terlihat dari minimnya program kerja KNPI yang bisa direalisasikan. Selain itu, dia menilai daya juang pemuda yang tergabung dalam KNPI masih harus ditingkatkan lagi.

"Kami berharap KNPI Jawa Barat ke depan bisa membawa aspirasi pemuda di Jawa Barat, sehingga menjadi tumpuan organisasi yang bisa menjembatani program-program kepemudaan," imbuhnya seraya menilai Yusuf mampu merevitalisasi KNPI. Coerdian pun berharap KNPI diisi oleh pemuda yang memiliki kapasitas dan integritas yang baik.

Baca Juga: Raih Dana Hibah DBS Foundation, Komerce Kurangi Pengangguran Pemuda Desa Dorong Pertumbuhan UMKM

Selama ini,  kepengurusan KNPI hanya diisi oleh orang-orang yang kurang kredibel. "Jangan berpikir yang bukan-bukan. Organisasi bukan untuk mencari uang, tapi untuk mengabdi. Harus punya daya juang seperti para pejuang. Kalau ingin mencari uang, jadilah pebisnis," tegasnya

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini