Agar Terhindar Penularan Covid-19, Ini 4 Tips Gaya Hidup Dokter Reisa

Agar Terhindar Penularan Covid-19, Ini 4 Tips Gaya Hidup Dokter Reisa Kredit Foto: Instagram /Reisa Broto Asmoro

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengingatkan kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Pokoknya jangan lengah sedikit pun. Selain juga terapkan kebiasaan-kebiasaan baru untuk melawan Covid-19,” ujarnya dalam diskusi online Meningkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi yang diselenggarakan oleh Badan Kesehatan Perempuan Amanat Nasional, Rabu (4/8/2021).

Baca Juga: Ternyata Covid-19 Sudah Lama Ada, Dokter Reisa Blak-blakan: Sudah Ribuan Kali Mutasi

Kebiasaan baik tersebut, kata Reisa, memuat aktivitas baik di rumah maupun di luar rumah. Pertama, ketika di rumah atau di ruang publik agar membiasakan memaksimalkan peran ventilasi maupun jendela ruangan yang bisa membuat terjadinya sirkulasi udara. Hal tersebut perlu dilakukan supaya jumlah virus yang berada di ruangan dapat berkurang.

Kedua, bila terpaksa beraktivitas di luar apalagi membeli makanan di luar agar lebih memperhatikan kebersihan alat makan seperti piring, sendok, dan garpu. Sebab droplet Covid-19 bisa jatuh ke tempat-tempat tersebut bila penyaji makanan terinfeksi Covid-19.

“Misalnya di dapur perkantoran sering terjadi. Bisa jadi dari penyajiannya tidak higinies dari orang yang membuat,” katanya.

Ketiga, membiasakan untuk melakukan protokol kedatangan saat sampai di rumah. Seperti melepas sepatu di luar rumah dan membersihkan permukaan atas sepatu. Sebab, permukaan tersebut memiliki risiko jatuhnya droplet Covid-19 saat beraktivitas di luar rumah.

Selanjutnya, menurut perempuan yang juga Duta Adaptasi Kekebalan Baru ini menambahkan agar barang-barang bawaan seperti tas juga dibersihkan. Lalu membiasakan mandi terlebih dahulu sebelum melakukan interaksi dengan keluarga. Termasuk mengganti baju yang lebih bersih dan meletakan baju kotor di tempat terpisah.

“Jangan sampai apa yang nempel di badan kita setelah kita keluar rumah kita justru paparkan dengan keluarga tanpa proteksi apapun. Di luar kita pakai protokol kesehatan, tapi di dalam tidak,” katanya.

Terakhir, keempat, yang terbiasa memesan makanan menggunakan jasa transportasi daring, agar lebih membiasakan untuk membuang bungkusan makanan di luar rumah. Hal ini dikarenakan Covid-19 dapat hidup di plastik dan karton makanan.

“Kalau perlu makanan dipanaskan ulang di atas suhu 65 derajad celcius selama tiga menit akan mati virusnya. Termasuk suhu di atasnya akan lebih cepat mati. Dan jangan lupa cuci tangan sebelum pegangn makanan,” jelasnya.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: