Demi Bayar Utang, Martina Berto Jual Pabrik ke Perusahaan Kecantikan Milik Crazy Rich Malang

Demi Bayar Utang, Martina Berto Jual Pabrik ke Perusahaan Kecantikan Milik Crazy Rich Malang Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Demi membayar utang, PT Martina Berto Tbk (MBTO) menyatakan bila perusahaan memutuskan untuk menjual pabriknya yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat kepada PT Kosmetika Global Indonesia (KGI) perusahaan kecantikan milik crazy rich Malang yakni Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnamasari. 

Dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Direktur PT Martina Berto Tbk, Iwan Herwanto mengatakan bahwaPerseroan berniat untuk menjual tanah seluas 94.352 m2 dengan luas bangunan 4.839 m2, mesin,  perlengkapan  bangunan,  perlengkapan  laboratorium, dan  perlengkapan  kantor  yang berlokasi  di  Desa  Sukaresmi,  Kecamatan Cikarang Selatan dan Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat kepada pihak non- afiliasi.

Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh Penilai Properti KJPP Herman Meirizki dan Rekan, Nilai Pasar Objek Rencana Transaksi Material adalah sebesar  Rp 178,79 miliar sedangkan harga Rencana transaksi Material adalah sebesar Rp 180 miliar.

Baca Juga: Ternyata Oh Ternyata... Heryanti Anak Akidi Tio Punya Utang Rp3 M untuk Tarik Warisan Rp16 Triliun!

Ia menuturkan jika rencana melakukan divestasi aset dilatarbelakangi oleh terganggu cash flow perseroan yang disebabkan oleh turunnya penjualan karena perseroan tidak dapat memenuhi pesanan.

“Untuk memenuhi pesanan, perseroan membutuhkan tambahan likuiditas terutama untuk melakukan pembayaran utang kepada supplier yang akan jatuhtempo dan perseroan tidak dapat melakukan penambahan utang bank,” jelas Iwan, dalam keterbukaan informasi, di Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Selain itu, tambah Iwan, beban bunga bank saat ini sudah tinggi dan membebani cash flow perusahaan. “Diharapkan deengan dilakukannya divestasi aset ini akan mempeerbaiki kinerja perusahaan,” tambahnya.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: