dr Reisa: Bukan saatnya Cari Vaksin Dosis Booster, Kekebalan Individu Tak Akan Mampu Hentikan Wabah

dr Reisa: Bukan saatnya Cari Vaksin Dosis Booster, Kekebalan Individu Tak Akan Mampu Hentikan Wabah Kredit Foto: Instagram /Reisa Broto Asmoro

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 sekaligus Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr Reisa Broto Asmoro menegaskan agar tidak ada pihak yang berusaha memperoleh dosis vaksinasi tambahan atau vaksin booster. Ia menekankan kekebalan kelompok lebih utama daripada kekebalan individu.

"Yang terpenting adalah memastikan semua saudara-saudari sebangsa kita mendapatkan vaksin Covid-19. Bukan bagaimana kita mendapatkan suntikan tambahan, bukan saatnya kita mencari cara mendapatkan suntikan dosis booster. Lebih baik fokus saling bantu meratakan vaksin untuk semua sasaran di Indonesia," kata Reisa dalam keterangan pers daring di kanal Youtube Forum Merdeka Barat 9, Rabu (4/8/2021).

Baca Juga: Dokter Reisa Bagikan Tips Bagi Ibu Hamil yang Ingin Divaksin Covid-19

Reisa menggarisbawahi dalam sejarah imunisasi dan vaksinasi, individu yang disuntik berkali-kali pun tidak akan mampu menghentikan wabah. "Yang harus terjadi adalah pembentukan imunitas bersama. Sebagaimana kita sudah mengalahkan wabah cacar dan polio dahulu yang sekarang sudah tidak ada lagi di Indonesia," tukasnya.

Menurut Reisa, hingga sejauh ini masih sekitar 70% dari 208 juta sasaran vaksinasi di Indonesia yang belum mendapatkan vaksin. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk tidak hanya memprioritaskan diri sendiri atau kelompok, melainkan turut mendorong pemerataan vaksin secara nasional.

"Bukan karena satu orang yang divaksin berkali-kali, tapi karena puluhan juta orang divaksin bersama-sama dalam waktu yang singkat. Kunci sukses vaksinasi adalah merata dan setara untuk melindungi sesama," tegasnya.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: