Pasok Gas untuk KEK JIIPE Gresik, AKR Corporindo Bentuk Anak Usaha Baru Bersama BBG

Pasok Gas untuk KEK JIIPE Gresik, AKR Corporindo Bentuk Anak Usaha Baru Bersama BBG Kredit Foto: AKR Corporindo

PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) bersama dengan perusahaan distributor gas bumi yakni, PT Bayu Buana Gemilang (BBG) memutuskan untuk membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) yang bergerak di bidang kegiatan distribusi gas alam ke area KEK JIIPE Gresik dan sekitarnya bernama PT Berkah Buana Energi (BBE). AKR akan mengendalikan kepemilikan 65% sedangkan BBG memegang 35%.

Direktur Utama AKRA Bapak Haryanto Adikoesoemo mengungkapkan bila BBE akan melakukan pembangunan, pengelolaan dan pengembangan jaringan distribusi gas melalui pipa dari lokasi sumber gas ke pelanggan.

“Awal kegiatan Perusahaan JV akan difokuskan mengembangkan bisnis di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur untuk melayani permintaan tenant industri JIIPE,” jelasnya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Baca Juga: Jawab Kebutuhan Industri 4.0 KEK Gresik JIIPE Resmi Jadi KEK Teknologi & Manufaktur

Menurutnya, AKR dan BBG akan bersinergi untuk mendistribusikan energi yang dapat dijangkau oleh para pelaku industri. Pasalnya, gas alam adalah salah satu sumber energi yang paling bersih, dengan intensitas karbon yang rendah, teraman dan paling berguna dari semua sumber energi.

“BBE, merupakan bagian dari strategi pertumbuhan AKR untuk menambahkan bahan bakar yang lebih bersih dan energi terbarukan ke dalam portofolio produk kami. AKR telah menjadi distributor utama produk BBM dan bahan kimia dasar untuk pelanggan Industri, dan kami sangat senang dapat bermitra dengan BBG untuk mengembangkan portofolio produk kami ” tuturnya.

Sebagai informasi,AKRA telah mendirikan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) seluas 3000ha dengan PELINDO III. AKRA mengembangkan JIIPE, yang saat ini telah ditetapkan statusnya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus. JIIPE menyediakan utilitas yang efisien di salah satu kawasan industri dan Pelabuhan terintegrasi terbesar di Indonesia termasuk pembangkit listrik, distribusi gas, data, air, air limbah, dan layanan lainnya.

Berita Terkait

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/sessions)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: