Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bukan Jack Ma, Bos Tencent Jadi Taipan Teknologi China yang Paling Rugi hingga Rp200 Triliun!

Bukan Jack Ma, Bos Tencent Jadi Taipan Teknologi China yang Paling Rugi hingga Rp200 Triliun! Kredit Foto: Reuters/Bobby Yip
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ternyata miliarder China yang paling patuh juga tidak kebal terhadap serangan regulasi yang melanda ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Dalam putaran yang telah menjungkirbalikkan elit bisnis China, bos Tencent Holdings Ltd. yang sangat patuh terhadap pemerintah, Pony Ma Huateng, telah kehilangan lebih banyak kekayaan kertas selama sembilan bulan terakhir daripada Jack Ma, pendiri Alibaba Group Holding Ltd. dan Ant Group Co.

Dikutip dari Yahoo Finance di Jakarta, Rabu (4/8/21) jatuhnya kekayaan Pony Ma menggarisbawahi seberapa cepat tindakan keras Beijing telah berkembang sejak pihak berwenang membatalkan penawaran umum perdana Ant pada 3 November. 

Baca Juga: China Anggap Game Online Meresahkan, Kekayaan Bos Tencent Anjlok Rp45 Triliun!

Sepanjang sembilan bulan China menguasai teknologi besar, Tencent tampaknya jauh lebih baik daripada musuh bebuyutannya, sebagian dibantu oleh reputasi Pony Ma yang tetap berada di luar pusat perhatian.

Sementara Alibaba harus mengeluarkan rekor denda USD2,8 miliar (Rp40 triliun), regulator hanya mengenakan denda token pada Tencent karena tidak meminta persetujuan saat akuisisi dan investasi sebelumnya. Bisnis musiknya baru-baru ini diperintahkan untuk menyerahkan hak streaming eksklusif, meskipun lolos dari skenario buruk dan pecahnya bisnis.

Meski demikian, saham Tencent mencatat penurunan intraday terbesar dalam satu dekade setelah surat kabar yang berafiliasi dengan Xinhua membidik bisnis game utama perusahaan. Kekalahan itu meninggalkan perusahaan, yang awalnya kapitalisasi pasarnya mendekati USD1 triliun menjadi USD550,5 miliar.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan